turunkan berat badan

Turunkan Berat Badan Butuh Konsistensi dan Totalitas!

Untuk turunkan berat badan, Tommy sangat konsisten. Hasilnya, ia bisa turunkan berat badan hingga 40 kg hanya dalam 3 bulan saja.

Dalam usaha membentuk tubuh, mengatur pola makan (diet) dan juga latihan yang keras adalah syarat utama yang harus dilakukan. Tapi tidak cukup hanya itu, tekad yang bulat juga perlu dilakukan agar konsisten terhadap goal fitnesnya. Hal ini juga yang dilakukan oleh Tommy.

Bagi pria bernama lengkap Kartiko Hutomo MS ini, jika Anda menginginkan sesuatu, termasuk bentuk tubuh yang ideal dan berotot, maka kerahkanlah semua kemampuan Anda agar segera mendapat hasil yang diinginkan.

Ketika Tommy memiliki berat badan sekitar 108 kilogram, ia merasa badannya sudah terlalu besar sehingga banyak celana yang kekecilan. Tak ingin tubuhnya semakin ‘menggelembung’ dan agar hidup lebih sehat dengan berat badan yang proporsional, Tommy akhirnya memutuskan untuk memulai diet dan olahraga.

Awal Turunkan Berat Badan, Diet Masih ‘Ngawur’

turunkan berat badan

Sebelum melakukan diet, pola makan yang dijalani Tommy setiap harinya cukup berantakan. “Makan asal saja tanpa peduli berapa banyak kalori yang masuk,” terang pria kelahiran Semarang, 14 Januari 1979 ini.

Memang pada saat itu, Tommy mengaku memang telah lama hobby olahraga seperti basket dan jogging. Namun, pola makan yang berantakan tersebut membuat berat tubuhnya semakin bertambah.

Begitu pula ketika awal diet, Tommy mengaku masih menjalaninya cukup berantakan. Namun, setelah mengenail Denny Santoso dan DuniaFitnes.com, secara perlahan ia mulai melakukan diet yang benar-benar tertata.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Jika Ingin Turunkan Berat Badan

Demi Turunkan Berat Badan, Mulai Diet Sehat dan Angkat Beban

turunkan berat badan

Setelah mengenal tip diet yang tepat, pola makan yang dijalani Tommy adalah makan 5-6 kali dalam sehari dengan porsi yang lebih kecil. Pria penyuka warna hitam ini mengaku menggunakan metode high protein low carb selama 5 hari dalam seminggu. Sementara Sabtu-Minggu dijadikan Tommy sebagai cheating day.

Tak hanya mulai dengan diet yang tepat, untuk latihannya juga mulai bertambah, termasuk latihan beban. “Saya latihan 5 kali dalam seminggu dengan durasi 1-2 jam,” kata Tommy.

Pria yang tinggal di Perum Bumi Bekasi Baru Utara, Rawa Lumbu, Bekasi Timur ini memaparkan, pola latihan bebannya sendiri bervariasi. Namun yang pasti, sebelum latihan melakukan pemanasan, dilanjutkan latihan beban, dan diakhiri dengan latihan kardio selama kurang lebih 30 menit.

“Kadang-kadang diselingi dengan latihan HIIT (High Intensity Interval Training),” terangnya.

Sementara untuk mendukung hasil latihan dan dietnya, Tommy tak lupa untuk memberikan waktu istirahat yang cukup serta dukungan suplementasi Iso Sensation 93 dari Ultimate Nutrition.

“Suplemen sangat berperan dalam keberhasilan saya membentuk otot karena sangat besar perannya dalam mencukupi kebutuhan nutrisi harian saya, khususnya protein,” kata Tommy menambahkan.

Sempat Dikira Editan Photoshop!

turunkan berat badan

Setelah menjalani diet sehat serta latihan yang rutin, Tommy berhasil menurunkan berat badannya. Yaitu berawal dari 108 kilogram menjadi 68 kilogram. LUAR BIASA!

Bagi Tommy, hampir tidak ada hambatan khusus dalam menjalankan programnya. Menurutnya, jika semua dilakukan dengan enjoy dan tidak ada sedikitpun rasa keterpaksaan, maka semua akan dapat dijalani dengan mudah.

Ada cerita unik pada saat tranformasi tubuh Tommy. Ketika pertama kali mengunggah foto bentuk tubuhnya pasca diet, banyak yang tidak percaya dan bilang bahwa foto tersebut adalah hoax dan hasil editan photoshop.

“Mungkin banyak yang tidak percaya. Memang transformasi tubuh saya relatif cukup singkat, hanya kurang lebih sekitar 3 BULAN SAJA,” jawab Tommy.

Tommy berpesan kepada fitnes mania, nikmatilah semua proses dan jangan hanya fokus pada hasil akhir saja. Jika Anda bisa menikmati setiap prosesnya, maka akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk membentuk tubuh sesuai dengan keinginan.

“Niatkan saja untuk hidup sehat, kalau kemudian tubuh jadi ideal dan otot jadi terbentuk, anggap saja itu semua sebagai bonus,” tutup Tommy seraya berpesan. (ctr)

BACA JUGA: Transformasi Tubuh Ectomorph Berawal dari Social Media

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes