10 Gangguan Singkat Biang Kesalahan Kerja

Banyak hal yang dapat membuat kinerja kita di kantor terhambat, bahkan bunyi ponsel di saat kita sedang mengerjakan tugas kerja pun mampu membuat konsentrasi kerja kita terpecah.

Menurut sebuah penelitian terbaru dari Michigan State University (MSU) di Amerika Serikat, beberapa detik dari gangguan sesaat pun praktis dapat merusak kemampuan konsentrasi seseorang pada saat sedang menyelesaikan tugas kantor. Penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari suara ponsel, melihat seorang teman yang berjalan di depan, atau tak sengaja mendengar suatu percakapan penting.

10 Gangguan Singkat Biang Kesalahan Kerja

Penelitian yang dipimpin oleh Erik Altmann, seorang profesor psikologi dari MSU ini melibatkan 300 orang yang bekerja di dalam ruangan dengan menggunakan komputer. Mereka diminta mengerjakan beberapa rangkaian tugas. Ketika mereka diberi gangguan disuruh mengetik dua huruf yang muncul di layar (rata-rata butuh waktu 3 detik) dan kemudian mereka kembali bekerja, ternyata mereka membuat kesalahan kerja sebesar 2 kali lipat dibandingkan saat tidak diganggu.

Hasil yang membuat para peneliti terkejut betapa besarnya pengaruh gangguan yang hanya beberapa detik saja. “Ternyata meski gangguannya sangat singkat, namun sangat besar dampaknya ketika terjadi saat mereka sedang mengerjakan tugas yang membutuhkan perhatian dan konsentrasi besar,” ujar Altmann.

“Jika kesalahan kerjanya membuat kerugian yang besar, misalnya berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja, maka salah satu cara mencegahnya adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari gangguan. Salah satu contohnya adalah dengan mematikan semua telepon genggam,” tambah Altmann.

Berikut 10 kejadian singkat yang ternyata mengganggu konsentrasi kerja Anda, seperti yang dilansir dari Journal of Experimental Psychology: General baru-baru ini :

• Menerima pesan singkat atau SMS
• Menerima email masuk
Online chatting
• Rekan kerja yang cerewet
• Makan camilan
• Istirahat
• Merokok pada saat istirahat
Browsing sosial media (Facebook, Twitter, dll)
• Berpikir tentang masalah pribadi
• Ada kunjungan tamu
(boy)

LIHAT JUGA : Video : Capek Bekerja? Lakukan Peregangan Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes