15 Negara Laporkan Flu Burung Clade Baru

Sedikitnya 15 negara, termasuk Indonesia, telah melaporkan kepada Badan PBB untuk urusan kesehatan, WHO, mengenai kasus flu burung “clade” baru yang ditemukan pada unggas. Namun, di Indonesia sejauh ini belum menjangkiti manusia.

15 Negara Laporkan Flu Burung Clade Baru

“Sejauh ini tidak ada kasus flu burung (clade) baru pada manusia di Indonesia. Kasus terakhir adalah masih anak IT (4) dari Parung Panjang, Bogor, meninggal tanggal 6 Desember 2012 yang virusnya masih clade lama 2.1,” ujar Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama, seperti dikutip dari Antaranews.com.

Ke-15 negara yang telah melaporkan ditemukannya virus flu burung “clade” baru itu adalah Iran, Nepal, India, Bangladesh, Bhutan, China termasuk Hong Kong, Vietnam, Mongolia, Republik Korea, Jepang, Romania, Bulgaria, Laos, Indonesia dan Rusia.

Berdasarkan laporan WHO, pada kurun waktu Februari September 2012, virus itu dideteksi di unggas liar (wild birds) di Hong Kong, India dan Nepal, serta pada peternakan di Bangladesh, Bhutan, China, India, Nepal dan Vietnam.

“Kasus pada manusia tetap hanya ada di Bangladesh yang sebanyak 3 kasus, sementara China dan Hong Kong ada 5 kasus. Kasus Bangladesh semuanya ringan. Kasus di China (termasuk Hongkong) meninggal 3 dari 5 kasus mereka,” kata Tjandra.

Sedangkan di Indonesia, Kementerian Kesehatan kembali melakukan persiapan terhadap penanggulangan flu burung dan penularan virus clade baru tersebut, antara lain dengan menerbitkan surat edaran bagi Dinas Kesehatan daerah.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk melakukan pembaruan (up date) data pada unggas dan kegiatan langsung di lapangan. Waspadalah! (jay)

BACA JUGA: Inilah 7 Manfaat Kesehatan Tersembunyi dari Ciuman

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes