mengantuk usai latihan

3 Hal yang Bikin Anda Ngantuk Usai Latihan

Mengantuk tidak hanya datang pada malam hari atau tengah hari saat kondisi tubuh mulai menurun. Rasa kantuk bisa datang setiap saat bahkan saat Anda selesai melakukan latihan.

mengantuk usai latihan

Padahal program latihan seharusnya membuat tubuh Anda makin bugar dan bersemangat tapi ternyata malah kantuk yang datang. Mengapa bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Latihan dalam Kondisi Lapar

Ini adalah penyebab paling umum penyebab rasa kantuk datang usai latihan. Latihan dalam perut lapar akan membuat glikogen otot terkuras lebih cepat, sehingga ketika gula darah mulai turun setelah latihan maka rasa kantuk pun datang.
Untuk mencegahnya sebaiknya Anda makan dulu 30-60 menit sebelum latihan.

Latihan Berlebihan

Perlu Anda pahami bahwa tubuh memiliki batas maksimal latihan. Artinya, Anda tidak dianjurkan melewati batas tersebut agar tubuh tidak overtraining. Overtraining merupakan menurunnya kemampuan tubuh karena proses latihan yang berlebihan. Tubuh tidak memiliki waktu pemulihan yang cukup di sela latihan sehingga terjadi overtraining. Saat tubuh overtraining maka rasa kantuk pun akan datang karena ini adalah sinyal tubuh untuk beristirahat.

Untuk mencegahnya batasi durasi latihan Anda. Jika latihan yang Anda lakukan termasuk intensitas tinggi maka Anda tidak perlu melakukannya berjam-jam, cukup 20-45 menit perhari.

Kurang Tidur

Kurang tidur juga menjadi faktor yang cukup berpengaruh sehingga Anda sering merasakan kantuk setelah latihan. Ini wajar, karena malam sebelumnya Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup sehingga keesokan harinya rasa kantuk mulai datang di kala kondisi Anda benar-benar membutuhkan istirahat setelah latihan.

Untuk mencegahnya disiplinkan waktu istirahat Anda di malam hari. Kurangi begadang dan bekerja hingga larut malam. Ciptakan siklus tidur yang baik agar Anda bisa terbebas dari rasa kantuk setelah latihan. (dan)

BACA JUGA : Ini Sebabnya Anda tak Lagi Butuh Rokok & Alkohol

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes