4 Fakta Parahnya Pengaruh Merokok pada Kesehatan

Tahukah Anda bahwa nikotin yang terdapat pada rokok adalah zat yang bersifat adiktif seperti heroin? Atau tahukah Anda bahwa alveolus di paru-paru hancur secara permanen akibat merokok? Mari kita simak beberapa fakta yang disebabkan oleh rokok seperti yang dilansir situs Rediff Get Ahead baru-baru ini.

4 Fakta Parahnya Pengaruh Merokok pada Kesehatan

Merokok memengaruhi otak Anda
Nikotin pada rokok adalah zat adiktif seperti heroin. Hal ini yang membuat sulit melawan kecanduan nikotin pada seseorang yang merokok. Otak sebagai reseptor atau penerima yang mengakomodasikan dosis besar nikotin dari tembakau. Awalnya ketika Anda berhenti merokok, otak Anda pun akan berhenti menerima nikotin yang biasa diterima dan Anda akan mulai mengalami gangguan mental seperti perasaan cemas, mudah marah, dan memiliki hasrat tinggi untuk merokok. Jadi, berhenti merokok akan membantu memotong siklus kecanduan dan sejumlah besar reseptor nikotin pada otak Anda, dan akan kembali normal setelah satu bulan berhenti merokok.

Merokok memengaruhi paru-paru Anda
Merokok dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru Anda yang mengakibatkan sesak napas dan dada terasa tersumbat ketika Anda bernafas. Peradangan pada paru-paru membuat saluran pernafasan rusak sehingga mengarah pada perubahan fisik paru-paru dan dapat membuat nafas Anda terengah-engah. Anda mungkin akan menderita batuk kronis dan berlendir jika paru-paru terus terapar nikotin dari rokok. Kerusakan pada paru-paru tidak bersifat dapat dipulihkan kembali, maka sebelum menimbulkan kerusakan permanen pada paru-paru Anda, berhentilah merokok sekarang juga.

Merokok memengaruhi kesehatan seks Anda
Merokok dapat mengakibatkan disfungsi ereksi. Racun dari asap rokok juga dapat merusak materi genetik dalam sperma, yang dapat menyebabkan infertilitas atau cacat genetik pada anak-anak Anda.
Merokok juga dapat menurunkan tingkat estrogen pada wanita. Rendahnya kadar estrogen dapat menyebabkan kulit kering, rambut menipis, dan masalah ingatan pada otak. Wanita yang merokok cenderung lambat untuk bisa hamil dan memiliki bayi yang tidak sehat serta dapat meyebabkan menopause dini.

Merokok menyebabkan emfisema
Emfisema adalah kondisi dimana kantung udara di paru-paru Anda secara bertahap hancur sehingga membuat nafas Anda lebih pendek. Emfisema adalah salah satu dari beberapa penyakit yang secara kolektif dikenal sebagai penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Merokok adalah penyebab utama emfisema. Emfisema terjadi ketika alveolus (kantung-kantung udara di paru-paru tempat pertukaran udara dan darah) telah hancur dan menyebabkan sesak nafas hebat yang dapat mengakibatkan kematian.

Perlu diketahui, sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit paru-paru, tetapi berhenti merokok lebih awal akan membantu melindungi kerusakan pada alveolus dalam paru-paru dan menjauhkan dari emfisema.

Jadi, berhenti merokok memang susah, tetapi tidak berhenti akan lebih susah lagi. (boy)

BACA JUGA : Inilah yang Terjadi pada Tubuh saat Berhenti Merokok

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes