4 Makanan Anti Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa dikendalikan tanpa perlu menggunakan obat-obatan. Ada berbagai makanan alami yang bisa Anda dapatkan di pekarangan rumah untuk mengendalikan tekanan darah yang sering membumbung tinggi.

makanan-anti-darah-tinggi

Bahkan tidak ada salahnya jika berbagai makanan alami ini Anda konsumsi tiap hari, karena selain menyehatkan, makanan alami ini juga bebas dari efek samping yang membahayakan tubuh. Apa saja makanan alami untuk mengendalikan tekanan darah tinggi?

Wortel

Apabila tekanan darah Anda sudah mengakibatkan permasalahan pada jantung, maka perbanyaklah mengonsumsi wortel. Ini dikarenakan wortel banyak mengandung beta-karoten serta kalium yang dapat memberikan manfaat terhadap fungsi ginjal dan membantu mengendalikan denyut jantung. Mengonsumsi sayuran berwarna oranye ini secara rutin diyakini dapat mengontrol tekanan darah anda.

Seledri

Selain mengandung kalium, seledri juga mengandung phthalide, yakni suatu senyawa yang dapat meningkatkan aliran darah dan melemaskan dinding arteri. Senyawa tersebut juga dapat mengurangi hormon stres yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Selain itu, seledri juga bisa membantu mengelola tekanan darah saat sedang tinggi.

Asparagus

Asparagus kaya akan vitamin A, C, E dan K. Ini juga merupakan sumber yang kaya antioksidan seperti glutation. Sifat anti-inflamasi dari asparagus juga membantu mencegah penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi. Selain itu, juga mengandung serat makanan dan vitamin B, yang efektif menurunkan tekanan darah.

Tomat

Tomat merupakan sumber potasium yang baik dan kalsium, dan mengandung banyak vitamin penting seperti A, C dan E. Mereka mengandung likopen, antioksidan, yang dikenal untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Likopen mencegah LDL (low density lipoprotein) kolesterol menempel ke dinding pembuluh darah. (dan)

BACA JUGA : BCAA BERI DAMPAK POSITIF PADA GANGGUAN KESEHATAN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes