5 Alasan Sehat Mengonsumsi Mangga

Mangga atau mempelam termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota , dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera Indica.

Mangga sendiri mengandung nutrisi penting yang bermanfaa bagi tubuh. Apa saja? Berikut yang dilansir Nusa Fresh.

  1. Sumber antioksidan

    Di dalam buah mangga terdapat sumber beta-karoten, vitamin C dan kalium. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten dan vitamin C juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas.

  2. Kandungan vitamin c yang tinggi

    Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masask yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

  3. Kandungan kalium yang melimpah

    Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengonsumsi sebuah mangga harum manis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200 – 250 gram) kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

  4. Membantu pencernaan

    Mangga memiliki enzim pencernaan yang dapat membantu pemecahan protein serta membantu proses pencernaan.

  5. Baik untuk ingatan

    Glutamin terdapat di dalam buah mangga. Glutamin ini merupakan senyawa yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan memori. (aai)

BACA JUGA : 23 Cara Membakar Lemak Lebih Cepat!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes