5 Tips Mudah untuk Menambah Berat Badan

Menjelang pergantian tahun baru, kebanyakan orang pasti sudah menyiapkan sederet resolusi yang akan dicapai di tahun baru. Salah satunya pasti ingin menaikan atau menurunkan berat badan.

Nah, bagi yang ingin mewujudkan resolusi untuk menaikan berat badan, berikut ini adalah 5 tips yang Anda bisa coba sendiri dari Zeenews.com:

1. Meningkatkan asupan kalori

Anda perlu makan lebih banyak asupan kalori dari biasanya, karena ini adalah cara paling sederhana untuk mendapatkan bobot tambahan. Banyak konsumsi makanan kaya protein seperti buncis, kacang-kacangan dan sebagainya. Kemudian, tambahkan produk susu, telur, ikan, dan daging ke piring Anda.

Anda juga bisa mengonsumsi makanan mengandung zat tepung, seperti kentang, karena membantu dalam mendapatkan berat badan lebih cepat. Tapi, jangan terlalu banyak kalori karena akan dikonversi menjadi lemak. Cobalah konsumsi secara rutin dan Anda akan melihat hasilnya sendiri.

2. Ngemil di antara waktu makan

Hal ini perlu diingat terutama untuk orang yang ingin menaikan berat badan: jangan melewatkan makan utama. Cobalah makan setiap 2-3 jam. Ini akan memastikan tingkat yang konsisten untuk mempertahankan dan tubuh Anda juga akan mendapatkan suplemen yang dibutuhkan tanpa istirahat. Anda dapat membagi makanan menjadi 3 makanan utama dengan selingan 3 makanan kecil diantaranya. Cobalah makan cemilan seperti buah-buahan kering, energy bar, granola, Chikki dan laddoo.

3. Say no to junk food

Junk food memang sangat menggoda dan lezat, tapi konsumsi makanan ini bukanlah solusi yang tepat untuk menaikan berat badan, karena mengandung sejumlah besar kalori, lemak jahat dan tentunya nutrisi yang sangat sedikit. Jadi, burger atau pizza sebaiknya jangan dimakan. Bila dimakan berlebihan, junk food bisa membantu kenaikan berat badan melalui lemak, bukan melalui otot sehat. Juga, hindari mengkonsumsi makanan olahan.

4. Terapkan pola makan seimbang

Dalam usaha untuk menambah berat badan, kita harus ingat agar menerapkan pola makan seimbang dan mencakup berbagai nutrisi, seperti protein, pati, vitamin, mineral dan sebagainya. Juga, saat memilih makanan yang seimbang, kita harus menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat seperti minyak goreng, daging merah, margarin dan sebagainya, karena berefek buruk bagi kesehatan jantung.

5. Tetap terhidrasi

Minum banyak air, susu, jus segar, dan minuman energi untuk memastikan Anda benar-benar terhidrasi. Sebagai saran sehat, minumlah setidaknya 8-10 gelas air setiap hari. Tapi ingat, jangan minum air sebelum makan dan di antara makan, karena dapat menurunkan asupan kalori Anda.

Well, selamat mencoba. Goodluck! (jay)

BACA JUGA: Inilah Daftar The Hottest Celeb Bodies of 2012!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes