agar si kecil kebal penyakit

5 Trik Agar Si Kecil Kebal Penyakit

Siapa yang tidak ingin punya anak sehat dan tidak mudah terserang penyakit? Setiap orang tua pasti menginginkan hal ini.

agar si kecil kebal penyakit

Ada berbagai cara agar buah hati Anda senantiasa sehat dan kebal terhadap penyakit, salah satunya adalah dengan memperkenalkan pola makan sehat sejak dini. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan tahun 2013 lalu menunjukkan, lebih dari 90 persen anak-anak Indonesia kurang asupan sayuran dan buah-buahan dalam menu makan mereka.

Seperti kita ketahui bahwa sayuran dan buah-buahan merupakan sumber nutrisi penting yang menyediakn berbagai vitamin dan mineral penting agar daya tahan tubuh tetap kuat dari serangan penyakit.

Selain memberikan edukasi dini tentang pola makan sehat, berikut 5 hal lain yang perlu orang tua lakukan agar sang buah hati selalu sehat dan tidak mudah sakit.

Ajak Buah Hati Anda Belanja

Beri pengerian pada buah hati Anda bahwa hari ini Anda berdua akan belanja sayuran dan buah-buahan. Libatkan ia saat memilih sayuran dan buah-buahan. Semakin ia menunjukkan ketertarikannya pada sayuran dan buah-buahan semakin besar pula kemungkinan ia doyan mengonsumsinya.

Biasakan Jajanan Sehat

Masa kanak-kanak adalah masa di mana buah hati Anda gemar makan jajanan, dan ini akan sulit dihindari. Salah satu cara agar buah hati Anda tidak mengonsumsi jajanan sembarangan adalah mengenalkannya dengan jajanan yang sehat, seperti biskuit gandum, selai kacang, atau yogurt.

Biarkan Ia Ikut Memasak

Mengajak anak memasak akan menambah kedekatan Anda dengan si buah hati karena akan terjadi interaksi yang intens saat memasak. Anak pun merasa orangtuanya memberikan perhatian atas apa yang sedang dilakukannya. Bonusnya, ia pun mulai memahami bahwa masakan sehat yang Anda siapkan adalah makanan terbaik untuknya.

Buatlah Kebun Kecil

Jika Anda mempunyai lahan yang cukup luas di rumah, Anda dapat membuat kebun kecil. Tanaman yang bisa Anda tanam antara cabai, tomat atau singkong. Jika tidak punya lahan, ajaklah anak jalan-jalan ke perkebunan atau ladang dimana dia bisa melihat bagaimana sayuran dan buah-buahan tumbuh. Cara ini akan mengenalkannya pada sumber makanan organik yang menyehatkan.

Jogging di Pagi Hari

Setelah bangun pagi ajak anak Anda untuk jogging atau sekedar jalan kaki menikmati udara sejuk di pagi hari. Beraktivitas di luar rumah akan membuatnya lebih aktif dan lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan, sehingga daya pikir dan daya tahan tubuhnya akan terus meningkat. (dan)

BACA JUGA : Lagi Bad Mood? Perbaiki dengan 5 Latihan Simple Ini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes