7 Tip Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Tidur malam memiliki banyak manfaat seperti misalnya menjaga tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan bahkan membantu mempertahankan berat badan. Namun terkadang Anda susah untuk tidur malam dengan nyenyak. Bagaimana mengatasinya?

Dr. Michael Brues, Ph.D., seorang psikolog klinis dan diplomat dari American Board of Sleep Medicine menjelaskan bahwa semua orang cukup tidur di malam hari dan bangun pagi untuk melakukan aktivitas di pagi hari akan mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari yang baik bagi kulit dan juga kesehatan tubuh lainnya. Untuk itu diperlukan tidur malam yang berkualitas.

7 Tip Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Berikut 7 cara mendapatkan tidur malam yang baik menurut Dr. Michael Brues :

Matikan Televisi dan Komputer
Matikan televisi, telepon genggam, laptop, dan semua jenis gadget di kamar satu jam sebelum tidur.

Tulis hal-hal penggangu pikiran Anda
Buatlah daftar tentang apa saja yang Anda khwatirkan atau pikirkan sehingga membuat sulit untuk tidur. Anda bisa mempelajarinya kembali esok hari dan berusaha untuk tidak berpikir tentang itu. Dr. Breus menegaskan bahwa cara ini sangatlah efektif jika Anda benar-benar melakukannya.

Atur alarm tidur
Alarm tak hanya untuk bangun tidur. Pasanglah juga alarm untuk mengingatkan Anda waktunya pergi tidur lebih awal. Kebiasaan ini akan membantu Anda lebih disiplin untuk tidur.

Hindari pekerjaan kantor
Malam hari bukan waktunya bekerja, namun sepenuhnya untuk istirahat demi menjaga kesehatan Anda. Hentikan membaca email yang menyangkut pekerjaan Anda karena tidur malam yang cukup dapat meningkatkan produktivitas kerja saat di kantor.

Olahraga di pagi hari
Orang yang berolahraga di pagi hari membuat tidur malam lebih cepat, mendapat kualitas tidur terbaik, dan bangun lebih awal.

Biasakan tidur dengan jam rutin
Mengubah-ubah waktu tidur akan mengganggu jam biologis Anda sehingga tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Tidurlah pada jam yang rutin dan jalankan dengan konsisten untuk membantu mempermudah tidur lebih cepat dan berkualitas.

Segeralah tidur saat merasa lelah
Jangan memaksakan diri untuk untuk tetap terjaga di malam hari saat tubuh sudah merasa lelah dan mengantuk. Memaksakan diri seperti itu dapat mendorong energi sementara pada tubuh sehingga saat bangun di keesokan harinya akan membuat badan terasa tidak enak dan membuat Anda tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas. (boy)

BACA JUGA : Inilah 6 Manfaat Sehat Tidur Telanjang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes