8 Juta Lebih Penduduk Indonesia idap Diabetes

Lebih dari delapan juta penduduk Indonesia menderita diabetes dan sebagian besar tidak sadar telah mengidap penyakit itu. Demikian pernyataan yang disampaikan Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan, DR. Ekowati Rahajeng, SKM, M.Kes.

“Sekitar 84,1 persennya tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes,” ungkap Ekowati saat media edukasi di Jakarta, Kamis (9/8), seperti dikutip Antaranews.com.

Ekowati menjelaskan, data tersebut belum termasuk dengan jumlah penderita penyakit degeneratif lainnya, seperti hipertensi dan penyakit jantung.

Dengan kekhawatiran akan meningkatnya jumlah penderita penyakit degeneratif ini, Ekowati mengungkapkan bahwa pemerintah kini sedang mencoba mengembangkan puskesmas sebagai tempat rujukan untuk penyakit diabetes dan hipertensi.

“Hal ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat untuk mendapat pelayanan deteksi dini mengenai hipertensi dan diabetes,” jelas Ekowati. “Para dokter umum dan petugas medis terkait juga akan disegarkan kembali pengetahuannya mengenai hipertensi dan diabetes,” tutupnya.

Apakah sebenarnya Diabetes Melitus atau kencing manis itu ?
Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Ada 2 jenis tipe utama dalam Diabetes yaitu:

Diabetes tipe 1
Suatu keadaan dimana tubuh sudah sama sekali tidak dapat memproduksi hormon insulin. Sehingga penderita harus menggunakan suntikan insulin dalam mengatur gula darahnya. Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak & remaja.

Diabetes tipe 2
Terjadi karena tubuh tidak memproduksi hormon insulin yang mencukupi atau karena insulin tidak dapat digunakan dengan baik (resistensi insulin). Tipe ini merupakan yang terbanyak diderita saat ini (90% lebih), sering terjadi pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, gemuk dan mempunyai riwayat diabetes dalam keluarga. (jay)

BACA JUGA : 7 Strategi Atasi Emotional Eating

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes