Agar Tidak Mendengkur, Bernyanyilah Sebelum Tidur

Pada penelitian sebelumnya disebutkan bahwa bernyanyi memiliki efek positif bagi kesehatan. Terutama bagi kesehatan paru-paru dan jantung.

Agar-Tidak-Mendengkur,-Bernyanyilah-Sebelum-Tidur

Baru-baru ini penelitian serupa juga dilakukan untuk mengetahui manfaat kesehatan lain dari menyanyi. Sebuah studi yang dilakukan oleh mahasiswa Harvard University menyebutkan bahwa bernyanyi juga efektif untuk mengurangi dengkuran.

Seperti dirilis health, bernyanyi selama 20 menit sebelum tidur setiap hari dapat mengurangi intensitas dengkuran di malam hari. Peneliti beranggapan bahwa bernyanyi merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kekuatan otot langit-langit dan tenggorokan yang lemah sebagai penyebab suara dengkuran.

Mendengkur bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, otot pernapasan yang mengendur, lidah jatuh ke belakang dan menghalangi pernapasan akibat tidur telentang, kegemukan, dan penyakit amandel.

Berdasarkan Sleep Center di University of Kentucky, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi dengkuran, yaitu menurunkan berat badan, tidak mengonsumsi minuman beralkohol menjelang tidur, dan menyanyikan beberapa lagu menjelang tidur. (dan)

BACA JUGA : Ingin Kreatif? Pilih saja Kamar Remang-remang

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes