akibat obesitas

Akibat Obesitas, Batu Ginjal Seperti Bom Waktu

Beragam penyakit dapat timbul akibat kelebihan berat badan atau obesitas. Bahkan, ahli bedah mengatakan jika penyakit batu ginjal yang diakibatkan obesitas seperti ‘bom waktu’.

akibat obesitas

Obesitas memang kerap dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti jantung, kanker, stroke, hipertensi, hingga batu ginjal. Dan penyumbang terbesar munculnya batu ginjal adalah karena diet yang buruk serta gaya hidup yang tidak sehat.

“Hampir dua pertiga dari pria dan wanita di Inggris mengalami obesitas (BMI lebih dari 30) atau kelebihan berat badan (BMI lebih dari 25), dengan 25% dari orang dewasa digolongkan sebagai obesitas. Kita tahu pola makan dan gaya hidup dapat menjadi penyebab utama batu ginjal,” kata Bhaskar Somani, konsultan ahli bedah urologi di Southampton General Hospital seperti dilansir MedicalNewsToday.com.

Somani menambahkan, beragam cara telah dilakukan untuk mencegah batu ginjal. Namun, cara yang tetap terbaik masih operasi.

“Obesitas juga berkontribusi terhadap perkembangan diabetes dan tekanan darah tinggi. Selanjutnya dapat menciptakan suatu kondisi yang disebut sindrom metabolik yang selanjutnya memperburuk pembentukan batu,” tambah Somani.

Penyakit batu ginjal kerap dianggap remeh bagi penderita obesitas. Padahal, dampaknya bagi kesehatan sangat berbahaya. Somani menyebut jika obesitas terus meningkat tajam, maka batu ginjal seperti bom waktu di Inggris.

Untuk menghindari obesitas dan penyakit batu ginjal, maka hendaknya minum air setidaknya dua hingga tiga liter per hari. Sementara bagi pasien yang pernah mengalami batu ginjal, harus menjaga asupan cairan agar pembekuan batu tidak terulang. (ctr)

BACA JUGA: Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Obesitas

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes