Anak Obesitas Disebabkan Pola Makan Ibu Saat Hamil

Menurut para ahli di Australia, pola makan saat ibu hamil dan makanan apa yang diberikan ke bayinya selama tiga tahun pertama memainkan peran besar dalam pertumbuhan anak yang kemungkinan akan menjadi obesitas.

Dalam sebuah konferensi obesitas di Canberra, para peneliti mengatakan bahwa apa yang ibu makan saat hamil dan jenis makanan yang diberikan kepada bayi di tahun-tahun awal anaknya dapat menentukan apakah anaknya akan tumbuh menjadi obesitas atau tidak.

“Anak-anak dari ibu yang diet selama kehamilan dan ibu yang makan berlebih lebih mungkin untuk mengembangkan anak obesitas,” kata endokrinologi dan kepala Obesity Australia, Prof. John Funder, seperti dikutip The Australian.

“Anak-anak yang diberi makan tinggi karbohidrat, tinggi garam dan diet tinggi lemak saat masih balita akan memiliki otak yang menginginkan makanan serupa selama sisa hidup mereka,” tambah Funder. “Ini mungkin berarti anak Anda akan selalu lapar.”

Menurut Funder, makanan tradisional pertama yang diberikan pada bayi berusia 4-6 bulan, seperti sereal beras, justru bermasalah.

“Para ahli mengatakan bahwa jika Anda mulai memberi makan anak Anda dengan pola makan seperti ini sama saja seperti memberi mereka tes toleransi glukosa oral,” kata Profesor Funder.

Funder menyarankan, makanan terbaik untuk bayi adalah sayur-sayuran dan protein yang ditumbuk. (jay)

BACA JUGA : Inilah Manfaat Kesehatan dari Teh Jahe

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes