Apakah Benar Kentang Goreng Sebenarnya Sehat?

Kebanyakan para ahli gizi memang menyarankan agar jangan mengonsumsi french fries atau kentang goreng karena memiliki efek buruk pada kesehatan. Namun menurut penelitian terbaru, kentang goreng ternyata sebenarnya sehat bagi kita.

Profesor Vincenzo Fogliano, yang mengawasi penelitian bersama chef Italia Giuseppe Daddio, mengatakan bahwa kentang goreng sebenarnya tidak buruk bagi kita.

“Jika kentang digoreng dengan cara yang benar, keripik kentang bisa menjadi produk bernutrisi yang sangat baik,” ujar Fogliano seperti dikutip Sydney Morning Herald.

Fogliano dan Daddio membuat kesimpulan ini dengan mempelajari cara membuat minyak – yang biasanya sarat dengan lemak – dan diserap selama tahap penggorengan.

Sayuran khas Italia, Zucchini, dan terong, yang dianggap sebagai makanan sehat, ternyata bisa menyerap 30 persen dari minyak. Sementara, kentang dan pizza hanya diserap sekitar 5 persen.

Menurut Fogliano, kentang bisa menolak minyak karena mereka penuh dengan starch atau pati, yakni penyusun (utama) tepung.

“Aturan dasarnya, pati memainkan bagian penting dalam penyegelan makanan yang digoreng dan mengurangi penyerapan minyak. Pati pada kentang sangat efektif,” tambah Fogliano.

Namun, ada peringatan yang harus ada ketahui. “Anda sebaiknya jangan menggoreng kentang dari produk beku atau yang sudah digoreng,” kata Fogliano. “Akibatnya, makanan yang menyerap minyak akan meningkat secara signifikan,” tutupnya. (jay)

BACA JUGA : Inilah Makanan Penyebab Sakit Kepala

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes