Aroma Bau bisa Hilangkan Ketakutan saat Tidur

Anda selalu merasa takut ketika tidur malam ? Jangan khawatir, kini telah ditemukan cara sederhana dan telah terbukti bisa membantu menghilangkan rasa takut Anda.

Aroma Bau bisa Hilangkan Ketakutan saat Tidur

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa aroma bau di malam hari dapat digunakan untuk mengurangi kekhwatiran dan rasa takut saat Anda sedang tidur.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam Nature Neuroscience ini diklaim dapat membantu mengembangkan pengobatan yang lebih baik bagi orang yang memiliki fobia dan gangguan yang terkait dengan stres.

“Ini adalah penelitian yang pertama kali,” ujar Katherina Hauner, Ph.D., seorang ahli saraf dari Universitas Northwestern Feinberg School of Medicine, Chicago, AS, sekaligus penulis utama penelitian ini.

Sebelumnya ada penelitian yang menunjukan bahwa memori dan ketrampilan motorik dapat ditingkatkan selama tidur, namun belum diketahui bahwa emosi juga dapat dimanipulasi ketika seseorang sedang tidur.

Dalam penelitian ini para peneliti melibatkan sebanyak 15 orang yang tidur di laboratorium penelitian dan diminta untuk melihat dua gambar berbeda yang memicu rasa takut, kemudian para peneliti memberikan kejutan listrik ringan serta aroma bau tertentu seperti, kayu, cengkeh, sepatu baru, jeruk dan daun mint, lalu mereka dipantau selama 5-40 menit.

Setelah para relawan terbangun, mereka menjadi sedikit tidak takut dengan gambar yang memicu rasa takut tersebut, dibandingkan sebelum mereka menghirup aroma bau.

Respon mereka tersebut juga diukur melalui jumlah keringat pada kulit dan alat scan otak yang disebut Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI).

“Kami menemukan adanya penurunan rasa takut yang kecil, namun sangat signifikan,” ujar Katherina seperti yang dilansir dari Daily Mail baru-baru ini.

Hal ini menunjukan bahwa adanya perubahan yang terkait dengan memori dan pola dalam kegiatan suatu daerah di otak yang berhubungan dengan emosi, seperti amigdala.

“Sementara aroma bau tertentu yang diberikan ketika tidur tanpa adanya sengatan listrik ringan dapat mengaktifkan memori wajah yang berulang, sama halnya dengan proses hilangnya rasa takut selama terapi, ini berarti bisa menjadi terobosan baru dalam pengobatan fobia,” tutup Katherina.

Well, Anda ingin mencobanya?(boy)

BACA JUGA : Penuhi 4 Nutrisi Ini agar Tidur Lebih Baik

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes