AS Dilanda Wabah Flu, Lebih dari 100 Orang Tewas

Amerika Serikat dikabarkan dalam cengkeraman wabah flu. Lebih dari 100 kematian dilaporkan di 24 negara bagian dan New York City, menurut data resmi CDC selama periode 30 Desember-5 Januari.

AS Dilanda Wabah Flu, Lebih dari 100 Orang Tewas

“Jumlah negara bagian yang terkena wabah itu turun dari total 29 negara bagian pada minggu sebelumnya,” Direktur CDC Thomas Frieden seperti dikutip oleh CNN.

“Kita tengah mengalami kondisi epidemi flu yang klasik,” kata Dr. Anthony Fauci, Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases di National Institutes of Health.

“Satu-satunya kawasan dari AS yang masih relatif tidak terpengaruh adalah kawasan Pantai Barat, meski sudah banyak kasus telah dilaporkan di sana,” ujar Dr. Joseph Bresee, Kepala Epidemiologi dan Prevention Branch di CDC’s Influenza Division, pada Jumat (11/1) pekan lalu.

Namun, penyebarannya di seluruh negeri tampak telah melambat di beberapa daerah, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Menurut peta aktivitas terbaru dari CDC, tingkat flu menurun di beberapa negara bagian, terutama di Tenggara, termasuk Georgia, Florida, South Carolina, Arkansas dan Kentucky. Di Timur Laut, tingkat di beberapa negara bagian juga telah meningkat, seperti New York, tetapi New York City tetap dalam aktivitas tinggi.

Jumlah negara bagian yang melaporkan aktivitas wabah luas meningkat menjadi 47 dari 41, menurut laporan CDC. Beberapa negara bagian yang tanpa aktivitas wabah luas adalah California, Hawaii dan Mississippi.

Massachusetts adalah salah satu negara yang CDC identifikasi sebagai negara bagian beraktivitas wabah tinggi dari penyakit seperti influenza pada pekan yang berakhir 29 Desember, namun diturunkan ke tingkat aktivitas “sedang” sejak Jumat lalu.

Ada lebih dari 100 kematian terkait flu musim ini. Ini termasuk 18 orang di Massachusetts, 8 di Oklahoma, 22 di Pennsylvania, 13 di Indiana, 7 di Arkansas, 22 di South Carolina, 6 di Illinois dan 4 di Michigan. (jay)

BACA JUGA: Minum Teh 4 cangkir Sehari Bisa Kurangi Risiko Stroke!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes