Asap Rokok Bisa Lemahkan Tulang!

Hati-hati bagi para perokok aktif maupun perokok pasif! Menurut penelitian terbaru, asap rokok bisa membuat orang memproduksi jumlah berlebihan dari dua protein pemicu keropos tulang.

Seperti dikutip Zeenews.com, peneliti Gary Guishan Xiao dan koleganya menyimpulkan bahwa racun dalam asap rokok bisa melemahkan tulang dengan mempengaruhi aktivitas osteoblas, sel-sel yang membangun tulang baru, dan osteoklas, yang merusak atau memecah, tulang tua.

Melemahnya tulang, yang dikenal sebagai osteoporosis, dapat meningkatkan risiko patah tulang dan merupakan penyebab utama kecacatan pada orang tua.

Untuk menjelaskan bagaimana merokok bisa melemahkan tulang, para ilmuwan tersebut menganalisis perbedaan aktivitas genetik dalam sel sumsum tulang dari perokok dan non-perokok.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa perokok bisa memproduksi jumlah luar biasa besar dari dua protein tersebut dibandingkan dengan non-perokok. Percobaan menggunakan tikus laboratorium juga sudah dikonfirmasi menemukan bukti tersebut.

Studi ini telah dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research. Yuk, mulai berhenti merokok dari sekarang demi kesehatan tulang Anda. (jay)

BACA JUGA : Merokok di Tempat Umum 16x Lebih Polusi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes