Asparagus, Sayuran yang Ampuh Lawan Efek Alkohol

Beberapa cara pencegahan rasa sakit akibat mabuk umumnya adalah dengan mengkonsumsi susu, roti, atau minum air sebelum tidur. Namun, ternyata ada cara lain!

Asparagus, Sayuran yang Ampuh Lawan Efek Alkohol

Menurut penelitian terbaru, mengonsumsi beberapa batang asparagus sebelum mengonsumsi minuman keras, dapat mencegah rasa sakit setelah mabuk.

Penelitian para ilmuwan dari Institute of Medical Science dan Jeju National University di Korea Selatan, asam amino dan mineral yang ditemukan dalam sayuran ini dapat mengurangi gejala mabuk dan melindungi sel hati terhadap racun.

Sebagai bagian dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science, para ilmuwan menganalisis efek biokimia komponen tunas dan daun asparagus muda terhadap manusia, tikus, dan sel-sel hati.

Pemimpin penelitian B.Y. Kim mengatakan, kadar racun secara signifikan berkurang setelah menggunakan ekstrak daun dan tunas asparagus.

“Hasil ini memberikan bukti bahwa fungsi biologis asparagus dapat membantu meringankan mabuk alkohol dan melindungi sel-sel hati,” ujar Kim seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Para peneliti juga melihat beberapa komponen berbeda pada asparagus untuk mencari bagian yang memiliki manfaat lebih dalam mencegah dampak rasa sakit setelah minum alkohol yang berlebihan.

Laman Antaranews.com juga menuliskan, peneliti menemukan bahwa daun asparagus mengandung asam amino dan kandungan mineral yang lebih tinggi dibandingkan dengan tunas asparagus. Ini membuktikan bahwa daun asparagus lebih ampuh melindungi hati dari kerusakan. (jay)

BACA JUGA: Inilah Top 7 Tren Kesehatan di 2012!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes