Awas, Kelebihan Gula Bahayakan Jantung Anda!

Menurut sebuah studi oleh para ilmuwan di AS, konsumsi terlalu banyak gula bisa berdampak buruk bagi jantung dalam jangka panjang.

Awas, Kelebihan Gula Buruk Bagi Jantung

Sukrosa, jenis gula yang banyak ditemukan dalam minuman manis, telah terbukti dapat menyebabkan diabetes tipe 2 pada lalat buah yang menyebabkan malfungsi jantung. Demikian pernyataan resmi dari studi oleh para ilmuwan di Sanford-Burnham Medical Research Institute dan Mount Sinai School of Medicine, La Jolla, California.

Lalat buah (binatang percobaan yang digunakan untuk mempelajari kesehatan manusia dan penyakit), diberi makan dengan diet sukrosa tinggi ternyata berkembang menjadi terkena diabetes tipe 2, ditandai dengan gejala seperti gula darah tinggi dan cacat sinyal insulin.

Para ilmuwan juga mendeteksi tanda-tanda kerusakan jantung yang disebabkan diabetes, seperti fungsi jantung memburuk, aritmia jantung, dan fibrosis. Selanjutnya, para ilmuwan juga mampu membidik reaksi biokimia yang bertanggung jawab atas efek negatif sukrosa pada jantung.

“Kerusakan jantung akibat diabetes adalah salah satu masalah kesehatan yang paling serius di masyarakat. Dengan percobaan pada lalat buah ini, kita akhirnya mampu mengeksplorasi peran makanan bergula tinggi, dan menemukan sarana untuk mengidentifikasi perawatannya dalam konteks seluruh tubuh,” ujar Ross Cagan, PhD, seperti dikutip Science Daily.

Penelitian ini sudah dipublikasikan dalam jurnal PLoS Genetics. (jay)

BACA JUGA: Agar Langsing, Wanita Harus Olahraga Lebih Giat Ketimbang Pria!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes