Awas, Merokok Bisa Sebabkan Kerusakan Serius pada Otak!

Menurut penelitian terbaru, merokok tidak hanya membahayakan paru-paru, tetapi juga bisa mendatangkan malapetaka pada otak dengan menyebabkan kerusakan serius.

cigarette

Gejala-gejala penyakit Alzheimer ditemukan meningkat pada otak hewan yang terkena asap rokok selama empat bulan, demikian menurut para ilmuwan yang hasil penelitiannya diterbitkan dalam Nature Communications.

Para peneliti mengatakan, hubungan antara merokok dan Alzheimer pada orang memang masih belum jelas. Beberapa bukti dari tahun 90-an menunjukkan bahwa merokok sebenarnya melindungi orang-orang dari Alzheimer, yang kemungkinan dengan cara merangsang sel-sel otak pendeteksi-nikotin.

Nah, penelitian terbaru justru membantah hasil penelitian sebelumnya itu. Science News menuliskan, penelitian terbaru menemukan bahwa merokok kemungkinannya justru meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

Untuk melihat apa yang dilakukan rokok pada otak, para ilmuwan yang dipimpin oleh Claudio Soto dari University of Texas Medical School di Houston, AS, melakukan uji coba pada tikus.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa hewan tersebut menunjukkan gejala-gejala Alzheimer, bila dibiarkan menghirup asap rokok selama satu jam, lima hari seminggu. Tak hanya itu, kondisi Alzheimer pada tikus juga kian memburuk.

Dibandingkan dengan tikus yang tidak menghirup, tikus terpapar asap rokok memiliki beberapa gejala Alzheimer seperti memiliki plak amiloid beta berlebihan, protein abnormal ‘tau’ berlebihan dan peradangan lebih parah pada otak.

Namun, para ilmuwan masih belum mengetahui bagaimana asap rokok menyebabkan perubahan ini dan mereka juga belum tahu apakah proses serupa bisa terjadi pada manusia. (jay)

BACA JUGA: Gagal Nikah Karena Gemuk, Wanita ini Berhasil Turunkan Bobot 44 kg!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes