Awas, Merokok Sebabkan Risiko Asma pada Cucu Anda

Bahaya merokok terhadap pengguna dan anak-anaknya memang sudah diketahui. Tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa merokok juga bisa menurunkan risiko penyakit asma pada cucu-cucu para perokok.

Asma merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama. Ini adalah penyakit kronis yang paling umum pada masa kanak-kanak. Meski ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap asma, ibu yang merokok selama masa kehamilan juga termasuk factor risiko yang terkenal dan harus dihindari.

Selama kehamilan, nikotin bisa mempengaruhi paru-paru janin yang sedang berkembang, predisposisi bayi untuk asma di masa kanak-kanak.

Peneliti dari Harbor-UCLA Medical Centre, California, menguji efek dari paparan nikotin selama kehamilan pada tikus, tidak hanya melihat pada anak mereka, tetapi juga pada generasi kedua alias cucunya.

Paparan di dalam rahim mengakibatkan keturunan jantan dan wanita memiliki fungsi paru-paru yang kurang konsisten dengan asma.

Ini juga mengganggu fungsi paru-paru pada keturunan generasi kedua mereka sendiri, meski tikus generasi pertama tidak terpapar nikotin setelah dilahirkan.

Tingkat protein meningkat pada ibu perokok di paru-paru keturunannya, seperti reseptor fibronectin, collagen dan nicotinic aceylcholine, yang juga ditemukan pada cucunya. (jay)

BACA JUGA : Olahraga Sebelum Sarapan Ampuh Bakar Lemak Lebih Banyak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes