Awas, Minum Painkiller Malah Bisa Bikin Sakit!

Penelitian baru-baru ini telah menunjukkan sekelompk obat yang yang paling umum digunakan sebagai Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs (NSAIDs) atau obat penghilang rasa sakit ternyata bisa meningkatkan risiko serangan jantung bagi pengguna jangka panjang.

NSAIDs adalah kelompok obat penahan rasa sakit seperti aspirin, naproksen, dan ibuprofen yang bisa menghilangkan rasa sakit, demam, dan panas.

Awas, Minum Painkiller Malah Bisa Bikin Sakit!

Dalam studi yang dipublikasikan oleh The Lancet Medical Journal tersebut, para peneliti menganalisis 639 obat secara acak dari 350.000 lebih pasien yang menggunakan obat NSAIDs, dan menemukan bahwa setiap 1.000 penderita arthritis (peradangan pada satu persendian atau lebih, yang disertai dengan rasa sakit) maka tingkat risiko seperti serangan jantung dan stroke meningkat dari 8 per 1000 orang menjadi 11 per 1000 orang dengan penggunaan NSAIDs dosis tinggi jangka panjang.

Obat ini juga telah dikaitkan dengan penyakit lain seperti maag. Sebuah generasi baru obat penghilang sakit dari NSAIDs yaitu Celecoxib memang memiliki risiko lebih rendah terkena maag, namun tetap terkait dengan meningkatnya serangan jantung.

Para penulis penelitian tersebut juga percaya, bahwa pengobatan dosis tinggi dengan NSAIDs dapat menjadi faktor besar risiko serangan jantung. Mereka mengatakan, bahwa semua NSAIDs memiliki 2 kali lipat risiko gagal jantung, dan 2-4 kali peningkatan komplikasi gastrointestinal. (boy)

BACA JUGA : Waspada, Painkiller Lebih Mematikan dari Heroin

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes