Awas, Orang yang Memiliki Hipertensi Tidak Sadar !

Tekanan darah tinggi atau yang dikenal juga dengan hipertensi adalah umum di seluruh dunia dan menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit jantung dan stroke, namun masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi.

Awas, Orang yang Memiliki Hipertensi Tidak Sadar !

Sebuah studi yang dipimpin oleh Population Health Research Institute (PHRI) dari McMaster University dan Hamilton Health Sciences meneliti data 154.000 orang dewasa yang berusia 35 dan 70 tahun yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan stroke serta berasal dari 17 negara berbeda dengan berbagai tingkatan ekonomi.

Lalu para peneliti mengumpulkan data mengenai usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan faktor risiko lain, termasuk mempertanyakan apakah mereka menyadari telah memiliki tekanan darah tinggi.

“Studi kami menunjukan bahwa lebih dari setengah peserta penelitian tidak menyadari kondisi mereka dan diantaranya di identifikasi sangat sedikit menggunakan pengobatan yang cukup untuk mengontrol tekanan darah mereka,” ujar penulis studi ini Dr. Clara Chow, MBBS, FRACP, PhD seorang anggota dari PHRI dan seorang profesor kedokteran di Sydney University dan George Institute for Global Health, Australia.

Penelitian yang telah diterbitkan pada Selasa (03/09) kemarin oleh Journal of the American Medical Association, menyatakan bahwa para peneliti telah menemukan 46,5% dari mereka dengan tekanan darah tinggi menyadari kondisi mereka dan 32,5% diantaranya secara efektif menjaga kondisinya dibawah kontrol.

Tim peneliti internasional mengungkapkan bahwa hasil dari penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit jantung bagi seluruh negara-negara maju serta negara-negara berekonomi menengah kebawah.

“Obat penurun tekanan darah pada umumnya murah dan banyak tersedia di seluruh rumah sakit,” kata Dr. Salim Yusuf MD, MRCP, D.Phil, penulis senior dan profesor dari McMaster University’s Michael G. DeGroote School of Medicine di Hamilton, Ontario, Kanada.

“Temuan ini sebenarnya menggelisahkan namun menunjukan perlunya upaya sitematis untuk lebih mendekteksi orang-orang dengan tekanan darah tinggi,” sambung Yusuf.

“Hanya sepertiga pasien yang melakukan pengobatan yang cukup untuk mengontrol tekanan darah mereka dan inilah hal yang terburuk di negara-negara berpenghasilan rendah, namun sepertinya saat ini telah memasuki negara-negara maju,” tutup Yusuf seperti yang dilansir dari health.com.(boy)

BACA JUGA : 10 Tip Praktis Menjaga Tekanan Darah yang Sehat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes