Bagaimana Memiliki Gaya Hidup Jantung yang Sehat?

Rata-rata setiap tahunnya, penyakit jantung sudah menelan korban jiwa lebih dari 17 juta orang di seluruh dunia. Pada 2030, jumlah itu bisa mencapai 23 juta, menurut World Heart Federation.

Sebuah pepatah dari Ayurvedic: “Jika pola makan Anda salah, penggunaan obat-obatan juga tidak akan berhasil, dan jika pola makan Anda benar, obat-obatan tidak akan diperlukan sama sekali.”

Penyakit kardiovaskular ini termasuk salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Meski obat dan jenis perawatan sudah banyak muncul untuk mencegah penyakit jantung, gaya hidup kita tetap memainkan peran penting dalam melindungi kesehatan holistik pikiran dan tubuh kita.

Gaya hidup kita memang mempengaruhi jantung. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan gaya hidup dan kebiasaan untuk tetap sehat. Berikut adalah beberapa cara untuk memiliki gaya hidup jantung sehat dari Boldsky.com:

1. Pola makan seimbang: Pola makan yang seimbang mampu menjaga kita sehat walafiat. Setiap gigitan dari makanan jantung sehat bisa memberikan dosis kuat fitonutrien, yang bisa mencegah penyakit jantung. Diet yang kaya sayuran, buah-buahan, biji-bijian, makanan tinggi serat, protein dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak adalah kunci untuk memiliki gaya hidup jantung sehat. Cobalah konsumsi setidaknya 5 buah-buahan dan 5 sayuran berwarna dalam pola makan Anda. Brokoli, mentimun, bayam, jeruk, berry, wortel, paprika, kacang merah, kubis, pepaya dan dark chocolate mmapu membantu memiliki jantung sehat.

2. Hindari pesta: Say no to smoking and drinking! Ini memang hal yang sulit untuk dihindari, tetapi akan lebih sulit lagi untuk pulih dari serangan jantung atau stroke atau hidup dengan penyakit jantung kronis.

3. Bangkitkan diri dengan olahraga: Setiap latihan kardio selama 30-60 menit tidak hanya menyehatkan hati Anda, tetapi juga menanamkan banyak energi dan antusiasme, sehingga meningkatkan kepercayaan diri, membuat Anda aktif dan membentuk tubuh Anda. Jika Anda seorang pemula, perlahan-lahan mulailah dengan latihan kardio. Bahkan 10 menit olahraga dalam sehari bisa menawarkan banyak manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga dengan intensitas moderat (sedang) bisa mengurangi risiko meninggal di usia dini.

4. Mengurangi stres: Merasa stres? Stres adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi kesehatan jantung. Tetap bahagia adalah salah satu cara terbaik untuk menangani stres. Hanya tersenyum dan tidak mengeluarkan uang! Semakin kita banyak tersenyum, semakin kurang kita merasa stres. Berikan waktu di ruang pribadi dan mengambil waktu untuk relaksasi. Bahkan, meditasi dan yoga bisa mengusir rasa stres.

5. Menjaga keseimbangan berat badan yang sehat: Hal ini membutuhkan waktu lama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh dipenuhi dengan getaran positif. Yang paling penting, jantung Anda bekerja tanpa kenal lelah untuk Anda, tanggung jawab sama-sama terletak pada Anda untuk menjaga jantung Anda sehat. Menjadi bahagia dari dalam diri adalah hal yang penting! Buanglah rasa hawatir Anda dan biarkan jantung Anda bernapas dan berdetak dengan sukacita! (jay)

BACA JUGA: Minum Kopi Kurangi Risiko Kanker Mulut Hingga 50 Persen!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes