dilarang minum seafood dengan air jeruk atau lemon

Bahaya Minum Es Lemon dengan Seafood, Mitos atau Fakta?

Banyak jenis informasi-informasi di masyarakat yang masih perlu dipertanyakan kebenarannya. Mungkin Anda pernah mendengar dan tahu tentang informasi yang melarang Anda makan seafood dengan dibarengi es jeruk ataupun es lemon.

jendela jeruk

Berdasarkan informasi tersebut, tentunya Anda pasti pernah mempraktikannya. Hal itu wajar, siapa yang mau mengambil risiko yang akan berdampak bagi kesehatan Anda. Tentu, semua akan ketakutan dan menerapkan informasi-informasi tersebut.

Itulah sebabnya, mengapa Anda harus mengetahui kebenaran tentang informasi itu terlebih dahulu sebelum Anda mengimplementasikannya dalam keseharian Anda. Jangan sampai Anda terbodohi dan justru seumur hidup terbelenggu dalam informasi palsu.

Ternyata, menurut Leona Victoria Djajadi MND yang merupakan Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydey mengatakan bahwa jeruk atau lemon tidak ada reaksi negatifnya jika dikonsumsi secara bersamaan dengan seafood. Justru, air jeruk atau lemon jika diminum sesaat setelah makan seafood dapat meluruhkan lemak, sehingga tak ikut terserap oleh tubuh.

Hal ini telah menampik mitos salah selama ini yang mengatakan bahwa air jeruk atau lemon dapat membuat gangguan pada pencernaan Anda. Lalu, minuman seperti apa yang seharusnya dihindari? Ya, minuman yang seharusnya Anda hindari adalah minuman yang mengandung gula tambahan. Seperti halnya es jeruk manis, es teh manis, dan minuman lainnya yang mempunyai rasa manis dan legit menggigit. Hal ini justru dapat menambahkan jumlah asupan kalori kosong (tak bernutrisi) tanpa kita sadari.

Dengan demikian, artinya selama ini mitos yang telah berkembang di masyarakat telah salah mengartikannya. Sesungguhnya bukan dari es lemonnya yang berbahaya, namun kandungan gula yang berlebih pada minuman itulah yang harus di hindari. So, sudah lebih jelas ‘kan? (gie)

BACA JUGA: Jk: Kurangi Jam Kerja Wanita Demi Mutu Generasi Bangsa

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes