bahaya diabetes

Bahayanya Gula Darah Rendah Pada Pasien Diabetes

Sebuah studi baru mengatakan bahwa kadar gula rendah cukup berbahaya. Yaitu, dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler pada pasien diabetes.

bahaya diabetes

Seperti dilansir ZeeNews.com, penelitian ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Diabetes Care. Para ilmuwan dari University of Leicester menunjukkan ketika mengalami hipoglikemia (kadar gula sangat rendah), pasien diabetes yang menjalani pengobatan insulin memiliki risiko penyakit kardiovaskuler 60 persen lebih tinggi. Selain itu, mereka juga lebih mungkin mengalami risiko kematian dua hingga 2,5 kali daripada pasien yang tidak mengalami hipoglikemia.

Kamlesh Khunti, pemimpin penelitian, mengatakan bahwa ini adalah salah satu studi pertama yang melaporkan risiko kejadian kardiovaskular dan kematian pada orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Pasien dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi penyakit kardiovaskular akibat pembentukan plak aterosklerotik dalam pembuluh darah, penyebab utama kematian dini pada pasien ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipoglikemia juga dapat memicu kematian dini pada pasien diabetes.

Hasil studi ini sangat penting dalam membantu pasien menghindari hipoglikemi agar tidak berakibat fatal. Hasil penelitian ini merupakan tantangan yang dihadapi pasien diabetes serta mengubah manajemen pengobatan diabetes, terutama mereka yang berisiko tinggi penyakit kardiovaskuler. (ctr)

BACA JUGA: Gula Atau Garam, Manakah yang Lebih Sehat?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes