Banyak Bergaul Cepat Redakan Nyeri

Ada kabar gembira bagi Anda yang sering mengalami nyeri di tubuh Anda. Selain dengan istirahat cukup, ada cara lain yang bisa Anda coba untuk mengurangi nyeri pada tubuh Anda. Cara apakah itu?

Sebuah percobaan yang dilakukan tim peneliti dari Ohio State University mencoba menganalisa seekor tikus yang baru saja menjalani pembedahan. Beberapa tikus ditempatkan sendiri di dalam sangkar, sementara yang lain tetap berkumpul dengan tikus-tikus lainnya.

Tim peneliti menemukan bahwa tikus yang dikumpulkan bersama tikus-tikus yang lain cenderung mengalami tingkat pemulihan dan penurunan peradangan yang lebih baik dibandingkan tikus yang ditempatkan sendiri di dalam sangkar. Perbaikan tingkat pemulihan dan menurunnya tingkat peradangan juga berhubungan dengan penurunan rasa nyeri akibat pembedahan.

“Jika mereka sendirian dan stres maka bisa meningkatkan peradangan, tapi jika memiliki partner sosial untuk berinteraksi, peradangan ini dapat berkurang,” ujar penulis studi, Adam Hinzey, seperti dikutip Telegraph.

Penelitian ini membuka harapan baru bagi pasien yang mengalami nyeri pasca operasi.  Bahwa dengan bergaul dan meningkatkan interaksi sosial bisa menjadi metode terapi baru untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri untuk mempercepat proses penyembuhan.

Rasa nyeri pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh suasana hati seseorang. Peneliti percaya bahwa individu yang terisolasi secara sosial memiliki fisiologis berbeda daripada individu yang lebih sering bergaul dalam hidupnya.  (dan)

 BACA JUGA : 5 Yoga untuk Redakan Nyeri pada Persendian

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes