Basmi Alzheimer Cukup dengan Konsumsi Kunyit

Siapa sangka bumbu tradisional yang kadang terbengkalai di dapur rumah Anda ini memiliki segudang manfaat kesehatan yang baik untuk Anda.

manfaat-kunyit

Baru-baru ini sebuah studi mengungkap bahwa kunyit diketahui memiliki senyawa yang bisa digunakan sebagai calon obat untuk mengobati gangguan neurologis.

Para peneliti dari Institute of Neuroscience and Medicine di Julich, Jerman, mengatakan bahwa ada senyawa kunyit yang dapat mempromosikan batang profilerasi dan diferensiasi sel di otak, memberikan harapan bagi pasien yang menderita stroke dan penyakit Alzheimer.

Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam rempah-rempah ini disebut aromatic (ar-) turmerone, dan penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat menghadang aktivasi sel mikroglia.

Para peneliti menjelaskan bahwa mereka berfokus pada sel-sel induk saraf endogen (Neural Stem Cells – NSC), sel-sel induk yang ditemukan dalam otak orang dewasa. NSC ini berdiferensiasi menjadi neuron, memainkan peran penting dalam memperbaiki diri dari fungsi otak pada penyakit seperti Alzheimer.

Mereka menemukan bahwa dalam konsentrasi tertentu, senyawa tersebut meningkatkan profilerasi NSC hingga 80% tanpa mempengaruhi kematian sel apapun.

Kunyit juga diketahui mengandung senyawa lain yang disebut curcumin, sebagai zat anti-inflamasi dan pelindung saraf. (dan)

BACA JUGA : LANGKAH MUDAH ATASI SAKIT TENGGOROKAN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes