Bayi Prematur Bisa tumbuh Optimal Jika Dengar Musik

Umumnya bayi yang terlahir prematur akan diletakkan di dalam inkubator untuk membantu proses pertumbuhannya. Dan baru-baru ini penelitian menemukan bahwa kondisi ini dapat dimaksimalkan dengan bantuan suara musik yang diperdengarkan pada si bayi.

Bayi-Prematur-Bisa-tumbuh-Optimal-Jika-Dengar-Musik

Suara tersebut tidak terbatas pada bunyi-bunyian musik saja, melainkan suara orang tua atau suara-suara yang menyerupai detak jantung ibu saat si bayi masih di dalam rahim.

Peneliti menganggap bahwa suara-suara tersebut dapat memperlambat detak jantung bayi yang berada dalam NICU (Neonatal Intensive Care Unit) serta membantu meningkatkan pola tidur dan pola makan bayi yang sedang dirawat.

Joanne Loewy, kepala Louis Armstrong Center for Music and Medicine di Beth Israel Medical Center, New York, menyatakan, “ setelah mempelajari studi dan literatur lain, kami beranggapan bahwa bayi tidak tumbuh cukup baik saat berada di dalam inkubator.”

“Namun fungsi neurologis dan pertumbuhan organ vital bayi tersebut dapat ditingkatkan dengan memperdengarkan suara-suara yang berirama,” tambah Loewy seperti dilansir Reuters.

Hasil pengamatan pada 272 bayi prematur di 11 NCU yang memiliki terapis musik menunjukkan bahwa denyut jantung bayi yang diperdengarkan musik atau nyanyian orang tuanya turun rata-rata satu hingga dua detak per menit.

“Selain mewakili keakraban hubungan kekeluargaan, lantunan suara berirama dapat memberikan efek menenangkan pada bayi. Inilah sebabnya menyanyikan lagu-lagu yang menenangkan pada bayi dapat mengurangi stres pada bayi,” terang Loewy. (dan)

BACA JUGA : Biar Tidak Pikun, Dengarkan Musik Sebelum Tidur

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes