Bebas Gangguan Pendengaran Berkat Makan Ikan

Mengonsumsi ikan adalah kebiasaan sehat yang perlu dibiasakan sejak dini. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa orang yang rajin mengonsumsi ikan memiliki risiko lebih kecil terserang penyakit berbahaya.

manfaat-makan-ikan

Bahkan sebuah studi di Brigham and Women’s Hospital di Boston, Amerika Serikat, menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan dan omega-3 setiap minggunya dapat membantu mencegah atau menghambat terjadinya gangguan pendengaran.

Dr Sharon Curhan selaku pimpinan studi di Brigham and Women’s Hospital di Boston mengatakan bahwa gangguan pendengaran adalah kondisi yang umum terjadi namun kerap kali melumpuhkan.

“Meskipun penurunan pendengaran sering dianggap sebagai aspek yang tidak terelakkan akibat penuaan, mengidentifikasi beberapa faktor risiko yang dapat berubah secara potensial telah memberikan wawasan baru terhadap kemungkinan pencegahan atau penundaan gangguan pendengaran yang terjadi,” imbuhnya seperti dilansir webmd.com

Sebanyak lebih dari 65.000 wanita berpartisipasi dalam penelitian ini. Dari jumlah tersebut, diketahui lebih dari 11.600 wanita mengalami gangguan pendengaran.

Wanita yang mengonsumsi dua porsi ikan atau lebih setiap minggunya diketahui memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami gangguan pendengaran ketimbang dengan mereka yang jarang mengonsumsi ikan.

“Mengonsumsi ikan seperti tuna, ikan berwarna gelap, ikan berwarna terang, kerang, dan sejenisnya cenderung dikaitkan dengan risiko gangguan pendengaran yang lebih rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa makanan mungkin juga memiliki peran penting terhadap pencegahan gangguan pendengaran yang terjadi,” kata Curhan.

Studi ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. (dan)

BACA JUGA : BCAA BERI DAMPAK POSITIF PADA GANGGUAN KESEHATAN

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes