Bebas Pikun dengan Makanan Kegemaran Popeye

Ada kabar baik bagi Anda para pencinta sayuran bayam! Menurut penelitian terbaru, bayam ternyata bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit demensia atau penyakit kehilangan daya ingat alias pikun.

Bebas-Pikun-dengan-Makanan-Kegemaran-Popeye

Seperti dikutip The Telegraph, para peneliti menemukan keterkaitan antara kekurangan vitamin C dan beta-karotin sebagai penyebab demensia. Jadi, sayuran dan buah yang kaya zat antioksidan seperti bayam, wortel dan apricot bisa membantu mengurangi gejala penyakit demensia.

Peneliti dari University of Ulm, Jerman, melihat perbedaan pada 74 orang penderita alzheimer ringan dan 158 orang berbadan sehat. Mereka berusia antara 65 sampai 90 tahun dan menjalani serangkaian tes seperti pertanyaan soal gaya hidup dan tes darah.

Tim penelitian yang dipimpin oleh ahli epidemiologi Prof. Gabriele Nagel dan ahli Neorologi Prof. Christine von Arnim menemukan adanya kadar serum konsentrasi antioksidan vitamin C dan beta karotin yang rendah pada penderita demensia ringan.

Menurut Dr. Nagel, meski penelitian lainnya masih diperlukan untuk membuktikan hasil penemuan ini, tetapi hasil penelitian menyimpulkan bahwa buah dan sayuran memang bisa mengurangi risiko terkena penyakit tersebut.

“Penelitian sejenis dengan lebih banyak responden masih dibutuhkan untuk meyakini hasil penemuan ini,” ujar Dr. Nagel. “Vitamin C banyak terkandung dalam buah citrus, sementara beta karotin terkandung dalam wortel, bayam atau apricot.”

Gejala penyakit alzheimer antara lain lupa ingatan, keterbelakangan orientasi dan daya ingat karena gangguan otak. Stres yang bisa menimbulkan lonjakan oksigen dalam tubuh manusia juga bisa menyebabkan perkembangan penyakit ini.

Penelitian ini didukung oleh German Ministry of Science, Research and the Arts of Baden-Württemberg & European Union, dan dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer’s Disease. (dan)

BACA JUGA : Khitan Turunkan Risiko HIV hingga 50 Persen

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes