penyakit jantung

Benarkah Asma Dapat Memicu Penyakit Jantung?

Penderita asma aktif telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung. Namun bagaimana dengan orang yang baru mengalami asma?

penyakit jantung

Menurut para ahli, asma pada orang dewasa dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, bahkan hingga berujung kematian. Inflamasi (peradangan) adalah salah satu faktor yang menyebabkan penyakit asma dan jantung. Meski begitu, korelasi antara asma dan penyakit jantung dapat disimpulkan jika setelah bukti ilmiah dikumpulkan.

“Meskipun peradangan tampaknya menjadi faktor yang sama, bentuk dan tingkat asma mungkin bervariasi pada tiap orang. Faktanya, beberapa diantaranya dapat ditimbulkan oleh obat. Sebagai contoh, steroid digunakan oleh penderita asma dapat memicu diabetes,” kata Dr. Guruprasad, MD, DM, konsultan kardiologi senior di Global Health City.

Ada dua hal yang dipresentasikan peneliti dalam American Heart Association Scientific Sessions 2014. Yaitu asma aktif yang mengharuskan untuk mengonsumsi obat-obatan atau gejala asma baru yang memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit jantung.

Salah satu penulis penelitian, Dr. M.C. Tattersall, melacak tanda-tanda awal penyakit jantung pada 6792 orang di Studi Multi-Etnis Aterosklerosis (MESA) selama lebih dari 10 tahun. Hasilnya, orang yang memiliki asma aktif dan mengobatinya memiliki 60 persen risiko mengalami serangan jantung atau stroke. Hal ini tampaknya dikarenakan peningkatan inflamasi dalam tubuh.

Sementara itu, studi lain membandingkan 543 pasien serangan jantung dengan 543 pasien non serangan jantung pada usia dan jenis kelamin yang sama. Hasilnya, pasien yang menderita asma memiliki risiko hampir 70 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung ketimbang orang yang tanpa asma.

Menurut peneliti, pasien asma aktif yang menggunakan obat-obatan dalam beberapa tahun, dua kali lebih mungkin mengalami penyakit jantung daripada orang yang baru mengalami asma. (ctr)

BACA JUGA: Banyak Wanita Sepelekan Gejala Penyakit Jantung?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes