Benarkah Mentimun Bisa Turunkan Tekanan Darah?

Tekanan darah tinggi atau yang sering dikenal dengan hipertensi, meningkatkan risiko Anda untuk rentan mengalami kondisi kronis seperti terserang penyakit jantung dan ginjal. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, tanyakan kepada dokter Anda untuk nasihat tentang diet terbaik dan pilihan pengobatan lainnya. Memang benar bahwa tidak ada makanan tunggal yang mampu menurunkan tekanan darah Anda. Akan tetapi, mentimun dapat menjadi bagian dari diet seimbang yang dirancang untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

jENDELA CUCUMBER

DASH Diet
Menurut 2010 Dietary Guidelines dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika The Dietary Approaches to Stop Hypertension, atau DASH diet adalah pola makan yang dapat menurunkan tekanan darah dalam beberapa minggu pada individu yang memiliki tekanan darah tinggi. DASH diet membatasi 2.000 kalori dengan empat sampai lima porsi sayuran per hari, dan 1/2 cangkir sayuran mentah, seperti irisan mentimun.

Mentimun dapat membantu menurunkan tekanan darah karena seluruh mentimun mentah hanya memiliki 6 mg sodium. Melakukan program diet yang tinggi sodium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Individu dengan tekanan darah tinggi seharusnya mengonsumsi tidak lebih dari 1.500 mg sodium per hari. Acar mentimun yang terasa manis dan asam dapat memiliki lebih dari 1.000 mg sodium per porsi.

Kalium adalah mineral penting untuk mengatur tekanan darah Anda. Sebuah mentimun besar memiliki kandungan kalium sebesar 442 mg. Jumlah kalium yang direkomendasikan untuk dikonsumsi paling tidak sebanyak 4.700 mg per hari. Sayuran lainnya seperti berbagai jenis buah-buahan, kacang-kacangan, ikan dan yoghurt juga merupakan sumber kalium yang baik.

Menurut Mayo Clinic, jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda mungkin dapat menurunkan tekanan darah dengan menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu makan lebih sedikit kalori dari yang seperti biasanya. Sebuah mentimun dengan kulit, hanya memiliki 45 kalori. Menurut University of Michigan, mentimun memiliki kandungan 95 persen air, yang merupakan nutrisi bebas kalori dan penekan nafsu makan alami.

Nah, sedikit ulasan di atas sudah membuat Anda mengerti bukan apakah benar mentimun bisa menurunkan tekanan darah atau tidak. Jadi bagaimana sekarang, apakah Anda akan mulai sering mengonsumsinya? Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Liburan Akhir Tahun Cara Tepat Atasi Depresi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes