kanker paru-paru

Benarkah Oksigen Bisa Memicu Kanker Paru-Paru?

Oksigen merupakan udara vital bagi kehidupan manusia. Namun tahukah Anda, sebuah studi baru mengatakan bahwa oksigen berpotensi menimbulkan kanker paru-paru.

kanker paru-paru

Oksigen sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Tapi, penelitian yang dilakukan University of Pennsylvania mengatakan bahwa oksigen yang dihirup dapat berisio memicu kanker paru-paru.

“Oksigen memang sangat penting bagi kehidupan manusia, tapi itu juga bisa memicu kanker,” kata Kamen Simeonov dari Perelman School of Medicine University of Pennsylvania dikutip dari TimesofIndia, Jumat (16/01).

Peneliti mencatat bahwa oksigen dikenal sangat reaktif. Ketika oksigen digunakan sel tubuh untuk mengolah energi dalam makanan, proses tersebut menghasilkan radikal bebas. Inilah yang dapat menyebabkan struktur sel DNA rusak dan memicu kanker.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal PeerJ ini juga menyebut bahwa tingkar risiko kanker paru-paru semakin rendah pada daerah yang lebih tinggi (pegunungan). Menurut peneliti, risiko kanker akan semakin tinggi jika seseorang menghirup oksigen yang mengandung polusi atau paparan sinar matahari yang terlalu tinggi. (ctr)

BACA JUGA: Pola Diet Sehat Bantu Cegah Diabetes Pada Wanita

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes