Benarkah Sore Hari Adalah Waktu ‘Berbahaya’ Saat Diet?

Pernahkah Anda merasa menginginkan makanan yang asin dan manis di sore hari ketika diet? Bisa jadi itu salah satu faktor yang membuat diet Anda gagal.

waktu-berbahaya-bagi-diet

Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa kebanyakan orang yang menyimpang dari rencana makan sehat atau diet mereka ketika jam 4 sore.

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti dari kelompok riset di Inggris bernama OnePoll menganalisa 1.000 pria dan wanita tentang kebiasaan diet mereka.

Hasilnya, menunjukan bahwa sekitar 45% dari mereka mengatakan masih sering ‘mencuri’ waktu dikala sore hari untuk makan atau ngemil dengan makanan yang tidak sehat, dimana itu diketahui akan merusak resolusi diet mereka.

Dan ketika para peneliti meminta para peserta penelitian untuk memilih waktu tertentu antara jam 4 sore dan jam 11 malam, rata-rata para peserta memilih jam 4 sore untuk makan.

“Itu masuk akal”, ujar Lisa R. Young, Ph.D., R.D., C.D.N., seorang penulis buku The Portion Teller Plan, dalam menanggapi hasil penelitian ini.

“Sore hari adalah waktu dimana tingkat kadar gula darah kita akan turun, karena sudah terlalu lama tidak diisi sejak makan siang terakhir,” sambung Young.

Hal ini bisa menjadi salah satu faktor gagalnya diet yang sedang dijalani, karena telah menyimpang dari jadwal yang sudah ditentukan untuk makan sehat saat diet.

Beruntungnya, ada dua cara untuk mengatasi hal tersebut, pertama Anda bisa makan kecil antara jam 3-4 sore dengan jumlah kalori 150-200, sehingga hal itu dapat menangkal rasa lapar pada saat sore hari.

Young juga merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan protein seperti misalnya irisan buah apel, selai kacang, atau secangkir sup sayuran, kerena kombinasi tersebut akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Pilahan kedua, pertimbangkan untuk berolahraga ketika pulang kerja atau sore hari, “Bila Anda sudah tahu akan melakukan hal positif seperti berolahraga setelah pulang kantor, mungkin itu akan menjadi lebih mudah untuk mencegah Anda makan di sore hari,” ungkap Young.

Bahkan hanya dengan latihan kecil saja seperti jalan kaki, itu bisa membantu Anda menahan godaan untuk makan di saat-saat jam berbahaya tersebut.

BACA JUGA : Kopi Diet Untuk Menurunkan Berat Badan?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes