Berat Badan Turun Hanya Dengan Jalan Kaki Pagi?

Salah satu kunci menurunkan berat badan berlebih ialah rutin jalan kaki setiap pagi. Benarkah?

Berat Badan Turun Hanya Dengan Jalan Kaki3

Para peneliti mengatakan bahwa orang yang rutin jalan kaki setiap pagi berat badan tubuhnya lebih ideal dibandingkan dengan orang yang keluar atau berjalan kaki setelah waktu pagi berlalu.

Mereka juga percaya bahwa cahaya matahari pagi dapat membantu mengoptimalkan jam tubuh, yang kemudian akan membantu mengatur metabolisme.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti melakukan studi dengan 54 pria dan wanita yang diberikan alat di pergelangan tangan untuk memonitor seberapa besar para peserta terpapar cahaya, jam tidur, dan intensitas olahraga selama seminggu.

Hasilnya mengungkapkan bahwa para peserta yang lebih banyak terpapar cahaya pagi berat badan tubuhnya lebih ideal dibandingkan dengan peserta yang diukur dari intensitas olahraga, diet, dan pola tidur.

Para peneliti dari Northwestern University’s Feinberg School of Medicine, Chicago, yang melakukan studi ini menegaskan bahwa waktu, intensitas, dan durasi paparan cahaya juga penting dalam hal menurunkan berat badan berlebih.

Menurut peneliti 20-30 menit jalan kaki di pagi hari sudah cukup untuk membantu menurunkan berat badan tubuh yang berlebih.

“Cahaya adalah ‘alat perantara’ yang paling ampuh untuk membantu mengoptimalkan jam tubuh biologis dalam mengatur ritme sirkadian, yang pada akhirnya juga dapat membantu keseimbangan energi tubuh,” ujar Dr. Phyllis Zee, penulis senior studi ini.

Selain itu Zee juga berpendapat bahwa jika seseorang tidak mendapatkan cahaya yang cukup di pagi hari bisa menyebabkan de-synchronise jam biologis tubuh, yang diketahui dapat merusak metabolisme dan menyebabkan penambahan berat badan tubuh.

Selain itu, Dr. Kathryn J. Reid, MD mengatakan, “Sama seperti orang yang mencoba untuk mendapatkan tidur lebih banyak untuk membantu menurunkan berat badan, mungkin terpapar cahaya adalah salah satu cara lain untuk membantu menurunkan berat berlebih.”

Reid menyarankan bahwa bagi para pekerja kantor di harapkan bisa mengambil waktu sedikit untuk pergi keluar agar mendapatkan cahaya matahari di pagi hari.

Sementara itu pada jurnal PloS ONE melaporkan bahwa tidak sepenuhnya jelas bagaimana cahaya pagi membuat tubuh lebih langsing, namun diketahui bahwa cahaya pagi memang memengaruhi metabolisme tubuh. (boy)

BACA JUGA : Inilah Alasan Mengapa Anda Perlu Berjalan Kaki

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes