Berhenti Merokok Bisa Perpanjang Usia Wanita

Menurut penelitian terbaru di Inggris, wanita yang berhenti merokok sebelum usia paruh baya akan hidup 10 tahun lebih lama ketimbang yang merokok sepanjang hidupnya.

Merokok hingga usia setengah abad mengurangi harapan hidup, perempuan yang merokok hingga usia 40, dalam penelitian tersebut, berpotensi 1,2 kali untuk tutup usia dalam periode 12 tahun, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok.

Mereka yang merokok sepanjang hidupnya hampir 3 kali lebih besar untuk meninggal dunia dalam kurun waktu yang sama, bila dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok.

Jadi, wanita yang berhenti merokok di usia 40 tahun bisa menghindari 90 persen risiko kematian karena merokok. Mereka yang berhenti merokok di usia 30 tahun terhindar 97 persen dari risiko itu.

Temuan itu, yang melibatkan lebih dari 1 juta wanita kelahiran tahun 1940an, sama dengan penelitian yang dilakukan terhadap pria.

“Wanita yang lahir di tahun 40an merupakan generasi pertama yang memiliki jumlah merokok yang substantial sepanjang usia dewasa,” kata Sir Richard Peto, peneliti dari University of Oxford, seperti dikutip dari Antaranews.com.

“Oleh karena itu, hanya di abad 21 kami melakukan observasi terkait efek dari merokok yang berkepanjangan, dan penghentian, terhadap kematian prematur di kalangan wanita,” tambah Peto.

Partisipan dalam penelitian itu berusia sekitar 55 tahun dan diobservasi dari tahun 1996 hingga 2011. Mereka diminta mengisi kuesioner tentang gaya hidup mereka, catatan medis, dan faktor sosial. Mereka disurvey kembali tiga tahun kemudian. Selama 12 tahun penelitian, sebanyak 66.000 partisipan tercatat meninggal dunia.

Pada awal penelitian, 20 persen partisipan merupakan perokok, 28 persen mantan perokok, dan 52 persen tidak pernah merokok. Mereka yang masih merokok, tiga tahun setelah penelitian mereka memiliki risiko kematian tiga kali lebih banyak dalam jangka waktu 9 tahun daripada mereka yang tidak.

Tingkat kematian tinggi bagi para perokok memang paling utama disebabkan oleh penyakit seperti kanker. Yuk, berhenti merokok dari sekarang ladies! (jay)

BACA JUGA : Ejakulasi Dini, Atasi dengan 3 Cara ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes