Berkemah, Solusi Sehat untuk isi Liburan

Selain menyenangkan, kegiatan berkemah ternyata memiliki manfaat kesehatan yang begitu besar. Terutama bagi Anda yang mengalami gangguan sulit tidur di malam hari (insomnia).

manfaat-berkemah

Menurut penelitian baru-baru ini, paparan cahaya matahari alami ternyata dapat membantu mengatur jam biologis tubuh seseorang dan membuat Anda kembali normal untuk tidur malam serta bangun dengan badan terasa segar. Salah satu cara mendapatkan cahaya matahari secara alami adalah dengan berkemah.

“Lebih baik pergi berkemah dan tidur di tenda bagi orang-orang yang gemar begadang selama hampir seminggu penuh.” tutur Kenneth P. Wright Jr., Ph.D., kepala penelitian dari University of Colorado Boulder, AS, seperti dikutip Daily Mail beberapa waktu lalu.

“Dengan meningkatkan intesitas terpapar cahaya alami dari matahari dan mengurangi paparan cahaya alat-alat elektronik dimalam hari, Anda akan dapat mengubah jam biologis Anda dengan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi.” tambah Kenneth.

Para peneliti mengundang 8 relawan orang dewasa untuk mengamati pola tidur mereka dirumah dengan terpapar cahaya elektronik selama satu minggu, dan hasilnya para relawan cenderung tidur tengah malam serta bangun jam 8 pagi. Lalu para relawan diminta kembali untuk berkemah dan tidur didalam tenda selama satu minggu.

Hasilnya, para peneliti menyimpulkan bahwa tidur dirumah dengan terpapar cahaya elektronik telah mengurangi jam biologis para relawan sebanyak 2 jam, sementara jika tidur di alam atau berkemah dengan waktu sama ternyata dapat mengembalikan jam biologis yang berkurang tersebut.

Meskipun pergi berkemah bukan pilihan yang layak bagi semua orang, para peneliti menyarankan cara lain untuk bisa mengembalikan jam biologis orang yang kerap sulit tidur malam seperti misalnya berolahraga atau jogging selama 30 menit setiap pagi, meningkatkan paparan cahaya matahari pada tubuh setiap hari, dan tidak ragu untuk jalan kaki saat makan siang di kantor.

Penelitian ini telah di publikasikan dalam Journal Current Biology.

BACA JUGA : SELAIN MENGGEMUKKAN, MAKANAN BERLEMAK JUGA BIKIN KANTUK

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes