Berpelukan Baik untuk Kesehatan Fisik Lho!

Bagaimana perasaan Anda saat berpelukan? Ya, memeluk seseorang yang kita sayangi selalu memberikan efek kenyamanan dalam ikatan emosional. Namun, berpelukan ternyata juga memiliki beberapa manfaat kesehatan secara fisik.

Berpelukan Baik untuk Kesehatan Fisik Lho

Seperti dikutip Dailymail.co.uk, para ilmuwan menemukan bahwa ketika Anda memeluk orang terdekat, maka hormon oksitosin akan dilepaskan ke dalam aliran darah. Hormon ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan kecemasan, bahkan dapat meningkatkan memori Anda.

Namun, tidak semua pelukan memberikan efek tersebut. Misalnya, memberikan pelukan sopan untuk seseorang yang tidak Anda kenal bisa memiliki efek sebaliknya, menurut penelitian dari University of Vienna, AS.

Oksitosin, hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari, dikenal karena mampu meningkatkan ikatan emosional, perilaku sosial dan kedekatan antara orang tua, anak-anak dan pasangan.

Pada wanita, oksitosin juga dihasilkan selama proses melahirkan dan selama menyusui untuk meningkatkan ikatan ibu dengan bayi. Para ilmuwan mengatakan bahwa seseorang yang sering memeluk orang-orang terdekatnya, akan menjadi lebih berempati dari waktu ke waktu.

“Efek positif ini hanya akan terjadi jika dua orang yang berpelukan itu saling percaya,” kata Neurofisiologi Jurgen Sandkuhler. “Jika orang tidak mengenal satu sama lain, atau jika pelukan tersebut tidak diinginkan oleh kedua belah pihak, efeknya akan hilang.”

Ketika Anda menerima pelukan yang tidak diinginkan, hormon ini tidak akan dikeluarkan dan sebaliknya tingkat kecemasan justru akan meningkat. “Hal ini dapat menyebabkan stres karena perilaku untuk menjaga jarak diabaikan. Dalam situasi ini, kita mengeluarkan hormon stres kortisol,” kata Sandkuhler.

Lebih lanjut, Sandkuhler menjelaskan bahwa memeluk adalah kegiatan yang baik, dan tidak tergantung pada berapa lama atau seberapa sering Anda memeluk seseorang. Yang terpenting, ada kepercayaan di dalam pelukan itu. (jay)

BACA JUGA: Awas, Bikin Tato Bisa Sebabkan Hepatitis C!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes