diet tinggi lemak

Bilberry Mampu Atasi Efek Samping Diet Tinggi Lemak

Pada beberapa kasus, diet tinggi lemak biasanya memiliki dampak seperti tekanan darah tinggi atau inflamasi nutrisi. Tapi tenang, buah satu ini diindikasikan mampu mengurangi efek negatif tersebut.

diet tinggi lemak

Ya, buah bilberry ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Dari hasil penelitian, buah yang dikenal sebagai blueberry liar ini terbukti dapat mengurangi tekanan darah serta menurunkan inflamasi nutrisi.

“Bilberries mengurangi perkembangan inflamasi sistemik dan mencegah hipertensi kronis, sehingga buah ini memiliki manfaat kesehatan dampak dari obesitas,” kata peneliti dari University of Eastern Finland seperti dilansir TimesofIndia, Jumat (19/12).

Menurut peneliti, hal ini tak lepas dari beberapa senyawa yang memiliki manfaat kesehatan pada bilberry. Bahkan, senyawa seperti polifenol dan antosianin pada bilberry lebih tinggi daripada blueberry.

Dari uji praklinis pada tikus, peneliti memberi makan dengan diet tinggi lemak selama tiga bulan. Setiap makanan diberi tambahan bilberry sebanyak 5-10 persen.

Hasilnya, bilberry mengurangi efek pro-inflamasi ditandai dengan perubahan profil protein sitokin, serta menurunkan prevalensi T-sel yang membantu mengembangkan peradangan.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE ini menyebutkan, bilberry juga mampu mencegah tekanan darah tinggi akibat diet tinggi lemak. (ctr)

BACA JUGA: Makan Dua Buah Perhari Bisa Cegah Depresi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes