latihan kardio

Bisakah Latihan Kardio Mengubah Gen?

Beragam manfaat kesehatan didapat dengan rutin melakukan latihan kardio. Terbaru, latihan kardio dengan durasi cukup lama disebut bisa mengubah gen seseorang. Benarkah demikian?

latihan kardio

Latihan kardio (kardiovaskuler) atau yang bisa disebut aerobik dapat memberikan kebugaran pada tubuh. Beberapa latihan kardio antara lain seperti senam, renang, jogging, dan bersepeda.

Latihan Kardio selama 45 menit mungkin dapat mengubah gen Anda dengan mengurangi inflamasi (peradangan) dan membuat metabolisme lebih efisien. Hasil studi ini diterbitkan dalam jurnal Epigenetics.

Peneliti dari Karolinska Institute di Swedia meneliti 23 pria dan wanita yang sehat, yang bersepeda dengan mengayuh satu kaki selama 45 menit dalam empat kali seminggu selama lebih dari tiga bulan.

Sementara kaki yang satu digunakan untuk mengontrol dan keseimbangan. Selanjutnya, peneliti mengambil biopsi rangka otot untuk mengevaluasi metabolisme otot dan perubahan gen para peserta.

Hasilnya, peneliti melihat adanya perubahan genetik dalam rangka otot tapi hanya pada kaki yang dilatih.

“Ada perbedaan besar antara kaki terlatih dan tidak terlatih,” kata peneliti, Malene Lindholm, Ph.D, dan Francesco Marabita, Ph.D, kepada fitnessmagazine.com.

“Latihan tidak mengubah gen Anda secara keseluruhan, tetapi bisa mengubah cara Anda menggunakannya untuk membantu tubuh agar menghasilkan lebih banyak protein yang penting saat latihan,” tambah peneliti.

Protein-protein tersebut juga membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi peradangan, mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe 2, serta penyakit jantung.

Untuk melihat perubahan yang bermanfaat, rutin lakukan latihan kardio selama 45 menit. Olahraga seperti berlari, berenang, atau dayung juga dapat dilakukan untuk mengubah genetik dalam beberapa otot sekaligus. (ctr)

BACA JUGA: Suplemen Super Untuk Latihan Beban dan Kardio Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes