diet

Bokek Saat Kuliah Bisa Sebabkan Gangguan Makan?

Gangguan makan atau eating disorders bisa menyebabkan masalah pada kesehatan. Studi terbaru mengatakan kesulitan keuangan saat kuliah dapat meningkatkan risiko gangguan makan pada mahasiswi.

gangguan makan

Seperti dikutip Eurekalert.org, Jumat (18/02), studi ini dilakukan oleh University of Southampton dan Solent NHS Trust. Dalam laporan yang diterbitkan The International Journal of Eating Disorders, peneliti mengungkapkan bahwa kesulitan keuangan yang lebih lanjut dapat meningkatkan risiko gangguan makan untuk jangka panjang.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 400 mahasiswa dari beberapa universitas di Inggris. Hubungan keuangan dengan gangguan makan peserta diketahui melalui survei menggunakan Eating Attitudes Test (EAT). Semakin tinggi skore dalam tes EAT merupakan sikap ekstrim dan berpotensi mengalami gangguan makan.

Para mahasiswa melakoni survei hingga empat kali dengan interval 3-4 bulan. Hasil survei mengatakan bahwa semakin tinggi tingkat kesulitan keuangan yang dialami keluarga, semakin tinggi skor EAT atau gangguan makan semakin parah. Namun, keterkaitan kesulitan keuangan dan gangguan makan ini terjadi hanya pada wanita, tidak pada laki-laki.

“Ini mungkin bahwa mereka yang berisiko lebih tinggi mengalami gangguan makan merasa seperti tidak mampu mengontrol atas peristiwa dalam kehidupan mereka, seperti situasi keuangan mereka, dan mereka kemudian membatasi makan sebagai cara untuk melakukan kontrol,” kata penulis studi, Dr Thomas Richardson.

Meski begitu, peneliti mengatakan bahwa perlu penelitian lebih dalam untuk mengetahui bagaimana hubungan perilaku makan denagn kesulitan keuangan. Gangguan makan sendiri bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti kekurangan gizi hingga obesitas. (ctr)

BACA JUGA: Kurang Tidur Tingkatkan Risiko Obesitas dan Diabetes

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes