Bola Mata Bisa Tunjukkan Tinggi Rendahnya IQ Anda

Berbicara seputar IQ (intelligence quotient) seakan tidak ada habisnya. Dua penelitian sebelumnya menyatakan bahwa orang dengan IQ tinggi cenderung memiliki libido yang tinggi pula.

Bola-Mata-Bisa-Tunjukkan-Tinggi-Rendahnya-IQ-Anda

Penelitian selanjutnya mengungkap bahwa mereka juga bisa melihat benda bergerak cepat lebih baik dari orang ber-IQ rendah.

Nah, baru-baru ini peneliti kembali menemukan fakta unik seputar tinggi rendahnya IQ seseorang. Peneliti menyebutkan bahwa tinggi rendahnya IQ seseorang bisa dilihat dari bola matanya.

Adalah Idan Shalev dari Duke University, AS, seorang psikolog yang penasaran apakah tingkat kecerdasan dapat dijadikan salah satu penanda kesehatan otak yang merupakan indikator kesehatan sistem pembuluh darah sebagai penyedia dan penyalur oksigen menuju otak.

Untuk mengetahui hal tersebut, Shalev dan rekan-rekannya meneliti beberapa partisipan untuk diukur tingkat IQ nya. Kemudian masing-masing mata partisipan diamati menggunakan retinal imaging, sebuah teknologi mutakhir untuk mengamati pembuluh darah kapiler retina di belakang mata.

Dari pengamatan tersebut diketahui bahwa semakin lebar pembuluh darah retina maka semakin rendah skor IQ seseorang ketika orang tersebut mencapai usia 38 tahun.

Data tersebut diperoleh setelah peneliti memperhitungkan faktor lain seperti kondisi kesehatan, gaya hidup dan faktor lingkungan yang turut mempengaruhinya.

“Dengan meningkatkan pemahaman tentang pembuluh darah retina, para pakar dapat dengan mudah mengembangkan diagnosis serta pengobatan yang lebih baik dalam rangka meningkatkan asupan oksigen ke dalam otak untuk mencegah penurunan kemampuan kognitif seiring bertambahnya usia,” terang Shalev seperti dikutipHealth24. (dan)

BACA JUGA : Imunisasi Jadi Penyebab Autisme Itu Hanya Mitos

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes