Botol Minum Plastik Mengandung BPA Berisiko Kanker Prostat pada Janin

Sebuah studi di Illinois, Amerika Serikat, baru-baru ini menemukan bahwa, seorang ibu hamil yang mengonsumsi minuman dari botol plastik mengandung BPA akan mengakibatkan janin yang dikandungnya berisiko terkena kanker prostat di kemudian hari.

Botol Minum Plastik Mengandung BPA Tingkatkan Risiko Kanker Prostat pada Janin

Bisphenol A (BPA) adalah sebuah bahan kimia yang terdapat dalam botol plastik, kaleng sup, dan produk plastik lainnya. Para peneliti dari University of Illinois di Amerika Serikat telah membuktikan bagaimana BPA dalam rahim bisa meningkatkan risiko kanker prostat pada janin di kemudian hari.

Menurut pemimpin penelitian, Gail S. Prins, PhD., “Ini adalah bukti pertama bahwa paparan BPA yang biasa kita lihat sehari-hari dapat meningkatkan risiko kanker prostat pada jaringan prostat manusia. Studi yang dilakukan pada ibu hamil di Amerika Serikat ini menunjukkan bahwa lebih lebih dari 95% ibu hamil memiliki kandungan BPA dalam urin mereka.”

Penelitian ini menggunakan tikus yang diberi kandungan BPA pada makanannya dengan dosis yang relatif sama dengan yang terlihat pada wanita hamil terpapar BPA. Selanjutnya, tikus diberi estrogen yang meningkat seperti halnya seorang pria yang menua.

Hasilnya ternyata didapatkan 45% tanda-tanda perkembangan kanker di jaringan implan prostat pada tikus yang terpapar BPA, lebih besar dibandingkan hanya 12% pada tikus yang tidak terpapar bahan kimia tersebut.

Penelitian ini telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan Endocrine Society di San Francisco. (boy)

BACA JUGA : Mengenal Kelenjar Prostat dan Gangguannya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes