Bunuh Diri bisa Dicegah Hanya dengan Minum Kopi

Kabar gembira buat Anda yang gemar minum kopi. Baru-baru ini sebuah studi di Amerika menyebutkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat mencegah seseorang untuk bunuh diri.

Bunuh-Diri-bisa-Dicegah-Hanya-dengan-Minum-Kopi

Hasil ini didapat setelah tim peneliti dari Harvard School of Public Health membandingkan risiko bunuh diri terhadap partisipan dewasa dengan kebiasaan mereka minum kopi 2-4 cangkir per hari, partisipan yang lebih sedikit mengonsumsi kopi, dan partisipan yang minum kopi tanpa kafein.

Dari studi tersebut diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi 2-4 cangkir kopi per hari berisiko 50 peren lebih kecil melakukan bunuh diri ketimbang dua kelompok lain.

Kafein pada kopi ini dikaitkan dengan pengaruhnya dalam menurunkan rasa depresi seseorang. Dengan syarat konsumsi kafein tidak dilakukan secara berlebihan.

Dikutip Huffington Post, Michel Lucas selaku pimpinan penelitian mengatakan, “Kami mengidentifikasi kafein sebagai kandidat yang paling mungkin dari setiap efek perlindungan yang diduga dari kopi. Dalam satu cangkir kopi, Anda bisa mendapatkan sekitar 140 mg kafein.”

Konsumsi kopi dalam jumlah yang cukup memang sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti mencegah Alzheimer, gagal jantung, hingga kanker.

Peneliti merekomendasikan agar tidak mengonsumsi kopi dengan kadar kafein melebihi 400 mg kafein per hari untuk mendapatkan manfaat sehat mengonsumsi kopi. (dan)

BACA JUGA : Cegah Pikun dengan Rajin Membaca & Menulis

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes