serangan jantung

Cara ini Terbukti Kurangi Angka Kematian Akibat Penyakit Jantung

Banyak yang selamat dari serangan jantung setelah melakukan pengobatan yang tepat dengan cara Angioplasti, yakni membersihkan arteri dan pemasangan stent (ring/cincin) untuk menjaga arteri tetap terbuka. Selain itu, cara ini membuktikan bahwa risiko meninggal jauh lebih rendah.

Sakit hati

Meski begitu, hasil studi baru mengatakan bahwa peningkatan risiko kematian dapat meninggi akibat penyakit non cardiac, seperti kanker paru-paru. Studi ini melibatkan lebih dari 2.800 pasien serangan jantung di Denmark yang diobati dengan cara Angioplasti sesuai prosedur yang dikenal sebagai Percutaneous Coronary Intervention (PCI). Prosedur ini dilakukan selama kurun lima tahun.

Tingkat kematian yang berhubungan dengan jantung di antara pasien cukup tinggi pada bulan pertama setelah pengobatan. Namun, hasil studi ini menemukan bahwa angka kematian turun menjadi kurang dari 1,5 persen per tahun. Setelah bulan pertama, hampir 65 persen kematian di antara pasien dikarenakan penyakit noncardiac seperti kondisi kanker dan paru-paru. (menurut penelitian yang diterbitkan secara online pada 10 November dalam Journal of American College of Cardiology)

“Jangka panjang tingkat kematian jantung sangat rendah dapat dijelaskan sampai batas tertentu oleh program pencegahan sekunder. Bagaimana kematian karena non-kardiovaskular dipengaruhi oleh penyakit kardiovaskular memerlukan penelitian lebih lanjut. Temuan kami masih terkonsentrasi pada pencegahan, khususnya pengobatan pasien dalam fase awal serangan jantung,” kata penulis studi Dr. Frants Pedersen, dari University of Copenhagen.

Pederson meminta kepada petugas medis untuk tidak hanya fokus pada serangan jantung, tapi juga harus dapat mencegah munculnya penyakit non cardiac. (ctr)

BACA JUGA: Trik Jitu Scarlet Johansson Dapatkan Tubuh Seksi Menggoda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes