Cegah Alzheimer Dengan Jalan Kaki Selama 20 menit!

Sebuah studi baru mengemukakan bahwa hanya dengan jalan kaki selama 20 menit dapat mengurangi risiko terkena Alzheimer di usia tua.

Cegah Alzheimer Dengan Jalan Kaki Selama 20 menit!

Alzheimer adalah salah satu penyakit penuaan yang disebabkan oleh kondisi neurologis dimana ada penurunan daya ingat dan perubahan kepribadian serta kemampuan untuk mengekspresikan diri.

Umumnya, alzheimer menyerang seseorang pada usia 65 tahun, sehingga Alzheimer sering dikaitkan sebagai penyakit penuaan.

Meski demikian, ternyata sejarah mencatat bahwa Alzheimer pertama kali diketahui dari seorang wanita yang mengidap penyakit ini pada usia awal 50 tahun.

Belum ada obat pasti yang dapat mencegah penyakit Alzheimer, dan berbagai studi telah dilakukan untuk mencari cara efektif menangkal penyakit Alzheimer.

Salah satunya ialah sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Cambridge, para peneliti mengungkapkan bahwa dengan berjalan kaki setiap hari atau olahraga kecil selama 20 menit rutin tiga kali seminggu dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Ada banyak penyebab yang diketahui memicu timbulnya penyakit alzheimer seperti misalnya, obesitas, merokok, dan tekanan darah tinggi.

Namun, kurang olahraga juga ditemukan menjadi penyebab tunggal dari risiko penyakit Alzheimer, para peneliti percaya bahwa aktivitas fisik secara teratur dapat memasok aliran darah ke otak. Hal tersebut diduga dapat mencegah penumpukan plak protein di otak yang menyebabkan penyakit alzheimer.

Para peneliti mengatakan bahwa orang dewasa secara drastis dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer hanya dengan jalan kaki rutin setiap hari.

“Yang perlu diperhatikan adalah bahwa ada aspek hidup sehat yang dapat mengurangi risiko Alzheimer, namun ini bukan berarti dapat mencegah penyakit tersebut, akan tetapi ada proporsi yang dapat kita cegah,” ujar profesor Carol Brayne dari Cambridge University’s Institute of Public Health, UK.

Profesor Brayne mengungkapkan bahwa jika seseorang sudah mulai berolahraga mereka akan lebih cenderung untuk makan sehat dan berhenti merokok sehingga dapat mengurangi penyakit Alzheimer.

Studi yang telah di publikasikan dalam jurnal Lancet Neurology ini menganalisa 30 hasil studi yang terkait dengan demensia atau Alzheimer yang berhubungan dengan gaya hidup.

Para peneliti menemukan bahwa kurangnya olahraga berkontribusi sebesar 22% risiko Alzheimer, dua kali lebih banyak dari penyebab lainnya.

Dr. Doug Brown dari Alzheimer’s Society, mengatakan, “Studi baru berharga ini menambah banyak bukti kuat yang menunjukan bahwa perubahan gaya hidup sederhana dapat membantu menurunkan risiko terkena Alzheimer.” (boy)

BACA JUGA : Obesitas Lebih Disebabkan Oleh Kurangnya Olahraga!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes