mencegah diabetes

Cegah Diabetes Dengan Hindari Obesitas

Kelebihan berat badan atau yang disebut obesitas, menjadi penyebab utama munculnya diabetes. Karena itulah, penting bagi semua untuk memerangi obesitas.

mencegah diabetes

Obesitas kerap dikaitkan dengan munculnya beragam penyakit kardiovaskuler, seperti jantung , tekanan darah tinggi, hingga diabetes. Diabetes ditandai dengan kadar gula yang tinggi karena gangguang sekresi hormon insulin.

“Mencegah diabetes sebenarnya perangi gemuk dan lakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat,” ujar dr. Dante S. Herbuwono, SpPD-KEMD, PhD, dari Divisi Endrokrinologi Departemen Penyakit Dalam, FKUI, seperti dikutip dari AntaraNews.com.

Sementara itu, pengobatan bagi pasien diabetes juga bisa terhambat karena beberapa sebab. Salah satunya adalah ketakutan pasien pada insulin, baik pada bentuknya yang berupa jarum suntik atau efek sampingnya.

Dante menambahkan, hambatan tersebut justru dapat membuat penderita diabetes bisa mengalami komplikasi. Seperti kelainan jantung, ginjal, pankreas, ketergantungan obat, atau kebutaan.

“Insulin tidak menakutkan karena problem diabetes ialah resistensi orang memakai insulin. Keparahan (diabetes) bukan karena insulin tetapi karena komplikasi akibatnya,” tambah Dante.

Karena itu, penting untuk mencegah penyakit seperti diabetes. Beragam cara dapat dilakukan untuk mencegahnya. Seperti pola hidup sehat, aktivitas fisik, atau olahraga. (ant/ctr)

BACA JUGA: Akibat Obesitas, Batu Ginjal Seperti Bom Waktu

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes