Cegah Diabetes dengan Secangkir Cokelat Panas

Seiring perkembangan jaman, penyakit diabetes tidak hanya diderita oleh orang-orang paruh baya saja melainkan orang-orang dengan usia lebih muda pun berisiko mengalaminya.

Cegah-Diabetes-dengan-Secangkir-Cokelat-Panas

Ada banyak cara agar bisa terhindar dari penyakit diabetes. Baru-baru ini sebuah studi menemukan cara yang digadang-gadang mampu menurunkan risiko diabetes, yakni dengan minum cokelat panas sebelum tidur.

Peneliti melakukan uji coba pada beberapa ekor tikus dengan memberi tikus-tikus tersebut serbuk cokelat secara teratur sedangkan beberapa ekor tikus lainnya diberi makanan biasa.

Hasilnya kelompok yang diberi makan serbuk cokelat secara teratur mengalami penurunan risiko diabetes tipe-2 ketimbang kelompok tikus yang diberi makanan biasa.

Meski uji coba baru dilakukan pada tikus, penelitian yang dimuat dalam European Journal of Nutrition ini diyakini dapat memberikan hasil sama bila dilakukan pada manusia.

Peneliti menganggap bahwa kandungan zat flavanol dalam cokelat bertanggung jawab terhadap penurunan risiko diabetes. Flavanol bisa meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan arteri sekaligus menurunkan kadar gula darah.

Prof Joshua Lambert selaku penulis penelitian mengatakan, “Apa yang mengejutkan bagi kami adalah efek yang besar. Efeknya pada berat badan tidak sebesar dugaan kami, tapi saya terkejut pada penurunan risiko diabetes dan kerusakan hati secara dramatis,” seperti dikutip Dailymail.

1-2 cangkir cokelat hangat setiap minggu adalah jumlah yang direkomendasikan para ahli untuk mendapatkan manfaat terbaik dari mengonsumsi cokelat. (dan)

BACA JUGA : Rajin Olahraga bisa Kenyangkan Perut

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes